Pangdam Jaya Pastikan Rusun Nagrak dan Rusun Pasar Rumput Masih Jadi Tempat Karantina PPLN

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto memastikan Rusun Nagrak dan Rusun Pasar Rumput masih jadi tempat karantina PPLN.

Dok UPAS DKI Jakarta
Armada bus sekolah yang disiapkan bagi pasien covid yang sembuh dari Rusun Nagrak ke Puskesmas Kecamatan yang ada di DKI Jakarta, Selasa (29/6/2021). Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Untung Budiharto memastikan Rusun Nagrak, Jakarta Utara dan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan masih jadi tempat karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Untung Budiharto memastikan Rusun Nagrak, Jakarta Utara dan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan masih jadi tempat karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Masih kita aktifkan. Itu digunakan untuk para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), untuk para pegawai migran di ada di sana. Masih kita gunakan," katanya di Makodam Jaya, Kamis (3/2/2022).

Kendati begitu, ia mengatakan bila Rumah Susun (Rusun) di Jakarta Barat, yakni Rusun Daan Mogot justru sudah disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Berbeda dengan Rusun Nagrak dan Rusun Pasar Rumput, nantinya Rusun Daan Mogot bakal menjadi cadangan lokasi isolasi mandiri bila rumah sakit rujukan tak lagi dapat menampung pasien Covid-19.

Baca juga: Rusun Nagrak Disiapkan Jadi Tempat Karantina Pasien Covid-19, Wagub DKI: Semua Sudah Disediakan

Baca juga: Wagub Ariza Bakal Cek Viral Video Antrean Warga Hendak Karantina di RSDC Pasar Rumput

"Demikian pula kita sudah siapkan sebagai cadangan adalah Rusun Daan Mogot yang apabila meningkat terus kita akan bisa untuk penampungan covid. Di sana ada 500 sekian kamar bisa untuk 1.040 (pasien). Saya kira kalau dilihat dari perkembangannya sekarang kenaikannya sekitar 2 persen 3 persen maka pada puncak nanti terakhir saya kita bisa mengantisipasi asal tidak panik," pungkasnya.

Rusun Nagrak Disiapkan Jadi Tempat Karantina Pasien Covid-19

Rusun Nagrak di Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, yang menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.
 
Rusun Nagrak di Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, yang menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.   (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Pemprov DKI memastikan kesiapan tempat-tempat karantina pasien Covid-19, termasuk di Rusun Nagrak, Jakarta Utara.

Setelah Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet diisolasi akibat temuan varian Omicron, Rusun Nagrak menjadi rujukan karantina.

Adapun kesiapannya terus dipastikan oleh Pemprov DKI dan terus berproses.

"Semua dalam proses ya. Kita pastikan semua persiapan tempat-tempat karantina, seperti sebelumnya, kita juga menyiapkan rumah sakit, berbagai fasilitasnya, tenaga kesehatan, tempat tidur, ruang ICU, obat-obatan, vitamin, tempat karantina juga semua sudah disediakan," kata Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Senin (20/12/2021).

Armada bus sekolah yang disiapkan bagi pasien covid yang sembuh dari Rusun Nagrak ke Puskesmas Kecamatan yang ada di DKI Jakarta, Selasa (29/6/2021)
Armada bus sekolah yang disiapkan bagi pasien covid yang sembuh dari Rusun Nagrak ke Puskesmas Kecamatan yang ada di DKI Jakarta, Selasa (29/6/2021) (Dok UPAS DKI Jakarta)

Politisi Gerindra ini pun meminta warga Jakarta tak larut dalam euforia dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Nanti kita akan laksanakan apapun yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, satgas pusat terkait dengan Omicorn. Kita tahu Omicron dalam 3 hari terakhir meningkat 2 kali lipat di 89 negara di dunia ini, tidak terkecuali di indonesia. Maka dari itu kami mengajak semuanya untuk hati-hati, waspada, jangan kendor, jangan euforia, jangan anggap enteng. Mari kita laksanakan protokol kesehatan secara baik," imbunya.

Sebagai informasi, dilansir dari Kompas.com, Pemerintah membuka Rusun Nagrak, Jakarta Utara sebagai tempat karantina terpusat usai pemerintah mengisolasi Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet akibat temuan varian Omicron.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved