Buat Jualan Gorengan, Curhat Juriyah Antre Bareng Ribuan Warga Demi Minyak Goreng Murah di Ciracas

Operasi Pasar Murah di halaman kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur pada Rabu (23/3/2022) pagi diserbu ribuan warga.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Antrean warga membeli minyak goreng curah operasi Pasar Murah di kantor Kelurahan Ciracas, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Operasi Pasar Murah di halaman kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur pada Rabu (23/3/2022) pagi diserbu ribuan warga.

Lurah Ciracas Rikia Marwan mengatakan Operasi Pasar Murah ini menyediakan sejumlah sembako seperti minyak goreng curah, beras, daging sapi dan ayam, terigu, gula.

"Untuk minyak goreng curah disediakan sebanyak 4.000 liter. Maksimal pembelian seorang warga 10 liter," kata Rikia di Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022).

Minyak goreng curah seharga Rp 14 ribu per kilogram sesuai harga eceran tertinggi (HET) hasil kolaborasi Pemkot Jakarta Timur dengan pihak swasta.

Sementara untuk daging sapi, ayam, terigu, gula disediakan Pemprov DKI Jakarta melalui food station, dan beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog).

Baca juga: Wali Kota Tangerang Minta Pemerintah Pusat Tuntaskan Fenomena Minyak Goreng Mahal

"Kita juga bekerja sama dengan sejumlah minimarket. Untuk pembelian warga tidak menggunakan sistem kupon, hanya nomor antrean. Ini hanya digelar hari ini," ujarnya.

Guna memastikan pelaksanaan berjalan sesuai protokol kesehatan Rikia menuturkan pihaknya mengerahkan petugas gabungan TNI-Polri, Satpol PP.

Antrean warga membeli minyak goreng curah operasi Pasar Murah di kantor Kelurahan Ciracas, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022)
Antrean warga membeli minyak goreng curah operasi Pasar Murah di kantor Kelurahan Ciracas, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022) (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

PPSU, hingga Sudin Perhubungan untuk mengatur alur antrean warga dan memastikan pelaksanaan berjalan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Warga yang datang ini tidak dibatasi hanya untuk penerima KJP Plus atau lainnya. Kita masih menunggu kedatangan pasokan minyak goreng curah," tuturnya.

Baca juga: Geramnya Wakil Wali Kota Depok Ada Pengemasan Ulang Minyak Goreng di Sawangan

Juriyah (40), satu warga mengatakan dia datang demi mendapat minyak goreng curah dengan harga Rp 14 ribu per kilogram yang disediakan.

Pasalnya meski HET minyak goreng curah ditetapkan pemerintah Rp 14 ribu per kilogram kenyataan di pasar-pasar tradisional lebih mahal.

Antrean sembako operasi Pasar Murah di kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022).
Antrean sembako operasi Pasar Murah di kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

"Kalau di pasaran Rp 20 ribu, Rp 22 ribu, beda-beda harganya. Saya beli karena jual gorengan, ini sudah antre dari pukul 08.00 WIB, mudah-mudahan dapat," kata Juriyah.

Pantauan di lokasi hingga pukul 10.31 WIB warga masih antre menunggu pasokan minyak goreng curah yang dibawa menggunakan truk tangki.

Mereka datang membawa jeriken hingga galon sebagai wadah untuk membeli minyak goreng curah yang dijatah maksimal 10 liter per orang.

Antrean sembako operasi Pasar Murah di kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022).
Antrean sembako operasi Pasar Murah di kantor Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved