Tips Mudik Aman Bagi Penderita Diabetes, Simak Penjelasan Dokter

Persiapan yang matang penting dilakukan agar penderita diabetes tetap bisa menikmati momen mudik dengan aman dan nyaman.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Septiana
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Persiapan yang matang penting dilakukan agar penderita diabetes tetap bisa menikmati momen mudik dengan aman dan nyaman. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pemerintah sudah memberikan lampu hijau bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik pada lebaran tahun ini.

Namun melakukan perjalanan jauh terkadang menjadi pengalaman yang tidak mengasyikan khususnya bagi penderita diabetes.

Oleh sebab itu, persiapan yang matang penting dilakukan agar penderita diabetes tetap bisa menikmati momen mudik dengan aman dan nyaman.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, Dip.TH merincikan, setidaknya ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan oleh penderita diabetes menjelang mudik Lebaran.

Salah satunya, ialah tidak menderita kondisi akut.

Baca juga: Hari Diabetes Sedunia, Kenali Gejala Dininya dan Hindari Makanan Ini

"Kondisi akut yang dimaksud adalah kondisi yang baru terjadi yang sifatnya mendadak dan perlu penanganan yang cepat," kata Rudy dikutip dari keterangannya,  Rabu (20/4/2022).

"Misalnya, infeksi berat seperti radang paru-paru dan gula darah yang terlalu tinggi yang menyebabkan pasien sehari-hari masih harus dirawat dan kontrol rutin ke dokter," tambahnya.

Diabetes
Diabetes (Ace Maxs)

Pada dasarnya, diabetes merupakan sebuah kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh tinggi.

Hal ini disebabkan karena tubuh tidak mampu memproses gula yang masuk dalam badan atau tidak memiliki hormon insulin yang cukup.

Dokter Rudy menjelaskan, penyakit diabetes terbagi ke dalam beberapa tipe yaitu tipe 1, tipe 2, diabetes gestasional atau diabetes kehamilan, dan diabetes jenis lain yang disebabkan oleh obat-obatan.

Jenis yang paling sering ditemukan adalah diabetes tipe 2 pada usia lanjut dan diabetes tipe 1 pada anak-anak maupun remaja.

Sedangkan, diabetes gestasional terjadi selama masa kehamilan hingga 3 bulan setelah persalinan.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, dokter menyarankan agar penderita diabetes tidak memiliki kondisi akut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved