Kebakaran Pasar Gembrong

Ribuan Warga Mengungsi, Posko Pengungsian Kebakaran Pasar Gembrong Disiagakan Selama 7 Hari

Posko pengungsian untuk warga korban kebakaran Pasar Gembrong, RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur bakal didirikan selama 7 hari.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang mengungsi di posko pengungsian berupa tenda darurat, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Posko pengungsian untuk warga korban kebakaran Pasar Gembrong, RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur bakal didirikan selama tujuh hari.

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Ridwan mengatakan posko berupa tenda darurat didirikan selama tujuh hari sesuai masa tanggap darurat bencana.

"Disiagakan selama tujuh hari dan akan diperpanjang apabila masih dibutuhkan warga. Untuk tenda kita di lokasi sementara ada tiga," kata Ridwan di Jakarta Timur, Selasa (26/4/2022).

Tenda untuk tempat bermalam sementara warga berada di belakang Kampus Mpu Tantular, lokasinya berdekatan dengan permukiman warga RW 01 di Jalan Jenderal Basuki Rachmat.

Jumlah tenda darurat ini dapat bertambah bila dirasa kurang, karena berdasar data sementara tercatat sebanyak 450 kepala keluarga (KK) meliputi 1.500 jiwa terdampak kebakaran.

Baca juga: Warga Korban Kebakaran Hebat Pasar Gembrong Butuh Alat Salat untuk Lebaran

"Untuk makan siap saji dari pihak Kelurahan minta (disediakan) tiga hari, dan apabila masih diperlukan kemungkinan ditambah tiga hari lagi. Untuk tenda, informasi dari Lurah cukup," ujarnya.

Ridwan menuturkan pihaknya masih berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat terkait pendataan jumlah warga yang terdampak kebakaran untuk proses distribusi bantuan.

Warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang mengungsi di posko pengungsian berupa tenda darurat, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022)
Warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang mengungsi di posko pengungsian berupa tenda darurat, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022) (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Berdasarkan data sementara, warga terdampak kebakaran di Pasar Gembrong yang melumat 400 bangunan meliputi rumah dan toko yakni di RT 02, RT 03, RT 04, RT 05, RT 06/RW 01.

"Informasi dari Satpel (Satuan Pelaksana) di Kecamatan masih dihimpun. Nanti kita informasikan bila data sudah valid," tuturnya.

Warga Butuh Alat Salat untuk Lebaran

Warga korban terdampak kebakaran Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, dibayangi merayakan Idulfitri di posko pengungsian.

Warga korban kebakaran di Pasar Gembrong saat mengungsi di belakang kampus Mpu Tantular, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Warga korban kebakaran di Pasar Gembrong saat mengungsi di belakang kampus Mpu Tantular, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (25/4/2022). TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Kebakaran akibat korsleting dari satu rumah pada Minggu (24/4/2022) pukul 21.06 WIB mengakibatkan warga kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya.

Ketua RT 06/RW 01 Cipinang Besar Utara, Mugiharto, mengatakan pihaknya berharap selain bantuan sandang dan makanan ada donasi alat ibadah untuk hari raya Idulfitri 1443 Hijriah nanti.

"Kami menunggu donatur, terutama dalam hal ini alat-alat salat seperti mukena, sajadah, baju koko. Itu bisa dipakai kami juga di hari H (Idulfitri)," kata Mugiharto di Jakarta Timur, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Antisipasi Api kembali Menyala, Damkar Jakarta Timur Siagakan 2 Mobil Pompa di Pasar Gembrong

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved