Lebaran 2022

Pemudik asal Sumatera Terlambat Tiba di Terminal Kampung Rambutan Gegara Mampet di Pelabuhan

Dengan keterlambatan bus AKAP asal Sumatera ini, puncak arus balik mudik Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan diprediksi terjadi malam ini.

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kedatangan pemudik penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (7/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Arus balik mudik Idulfitri penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dari Sumatera belum tampak.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengatakan hingga Sabtu (7/5/2022) siang kedatangan pemudik masih didominasi asal Subang, Garut, Karawang, dan Bandung.

"Dari data yang kami himpun mayoritas tujuan jarak dekat. Untuk Sumatera kami perkiraan malam ini sampai dengan esok hari tiba," kata Yulza di Terminal Kampung Rambutan, Sabtu (7/5/2022).

Dengan keterlambatan bus AKAP asal Sumatera ini, puncak arus balik mudik Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan diprediksi terjadi malam ini.

Pasalnya beda dengan bus AKAP yang membawa penumpang asal Jawa, jarak tempuh dari Sumatera menuju Jakarta lebih lama karena harus dilalui melewati pelabuhan.

"Untuk tujuan Sumatera kami perkirakan tiba malam ini sampai dengan esok hari karena memang informasinya ada sedikit kendala di pelabuhan yang mengakibatkan keterlambatan untuk tiba," ujarnya.

Baca juga: Puncak Arus Balik Mudik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Terjadi Malam Ini

Hingga kini jumlah kedatangan pemudik di Terminal Kampung Rambutan setiap harinya terus melonjak, di mana pada Kamis (5/5/2022) tercatat sebanyak 5.272 penumpang bus AKAP tiba.

Kemudian pada Jumat (6/5/2022) tercatat sebanyak 7.619 penumpang bus AKAP, sementara untuk data sementara hari ini Yulza menuturkan pihaknya masih menunggu rekapitulasi hingga malam.

Baca juga: Warga dari Jakarta yang Berangkat Mudik dengan Kereta saat Arus Balik Cukup Tinggi

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni saat memberi keterangan terkait arus balik mudik Idulfitri 1443 Hijriah, Jakarta Timur, Sabtu (7/5/2022).
Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni saat memberi keterangan terkait arus balik mudik Idulfitri 1443 Hijriah, Jakarta Timur, Sabtu (7/5/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Pantauan di Terminal Kampung Rambutan hingga siang ini puluhan personel gabungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan DKI Jakarta masih berjaga mengamanatkan arus balik.

"Kami sudah melakukan persiapan, untuk posko kesehatan maupun ramp check itu disiagakan sampai dengan tanggal 10 Mei. Lanjut untuk posko pelayanan terpadu sampai dengan tanggal 8 Mei," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved