Polisi Sebut Tidak Ada Kejadian Serius di Bandara Soekarno-Hatta Selama Angkutan Lebaran 2022

Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengaku tidak ada kejadian atau peristiwa yang menganggu penerbangan selama masa Angkutan Lebaran 2022 kemarin.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Jaisy Rahman Tohir
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Suasana aktivitas penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang mulai terurai pada H-1 Hari Raya Idulfitri 1443 H, Minggu (1/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengaku tidak ada kejadian atau peristiwa yang menganggu penerbangan selama masa Angkutan Lebaran 2022 kemarin.

Sebagaimana diketahui, Bandara Soekarno-Hatta telah melewati masa puncak arus balik Angkutan Lebaran 2022 pada 7-8 Mei 2022.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono menilai kalau jumlah penumpang di bandara tersebut sangat tinggi pada arus balik.

Kendati demikian, polisi tidak menemukan adanya kejadian yang mengganggu penerbangan.

"Sampai saat ini tidak ada kejadian serius. Hal-hal bersifat teknis dan nonteknis di-mapping dan dipersiapkan dengan baik," ujar Sigit kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Menhub Budi Karya Sumadi Minta Maaf, Akui Pelayanan Mudik Belum Maksimal

Sebagai informasi, jumlah penumpang Bandara Soekarno-Hatta akhirnya tembus paling banyak selama pandemi Covid-19 pada saat angkutan Lebaran 2022 kemarin.

Pada puncak arus balik mudik Lebaran, situasi Bandara Soekarno-Hatta sangat kondusif di tengah lalu lintas penerbangan yang tinggi. 

Adapun arus balik angkutan lebaran untuk transportasi udara terpusat di Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara jangkar rute domestik. 

"Pergerakan hari ini adalah pergerakan tertinggi sejak masa pandemi. Akan bergerak penumpang datang dan pergi sekitar 150.000 orang," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Senin (9/5/2022).

"Dari catatan, ada 1.130 pergerakan pesawat," katanya saat melakukan inspeksi ke Terminal 2 untuk melihat puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta.

Suasana arus balik Lebaran para penumpang pesawat di area kedatangan Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (6/5/2022).
Suasana arus balik Lebaran para penumpang pesawat di area kedatangan Terminal 1, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (6/5/2022). (KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL)

Menurut Budi, persiapan untuk menyambut arus balik Lebaran 2022 sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Sehingga, tidak ada penumpukan penumpang selama Angkutan Lebaran 2022 kemarin.

Sementara, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pergerakan puncak arus balik paling banyak di Terminal 2.

"Kemarin pergerakan penumpang tertinggi di Bandara Soekarno-Hatta sejak pandemi, sekitar 150.000 orang melakukan penerbangan keberangkatan dan kedatangan," beber Awaluddin.

Terperinci, pergerakan penumpang tertinggi di Terminal 2 sebanyak 70.000 orang.

Kemudian, Terminal 3 sebanyak 50.000 orang.

Terakhir Terminal 1 sebanyak 30.000 orang.

"Pada puncak arus balik 7-8 Mei, seluruh stakeholder melakukan koordinasi super ketat untuk memastikan kelancaran angkutan lebaran. AP II berterima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholder dan penumpang pesawat," ungkap Awaluddin.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved