Waketum MUI Murka Ada Restoran Padang Jual Babi, Singgung Warga Minang: Saya Benar-benar Tersinggung

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas murka saat mengetahui ada restoran Padang yang menjual makanan berbahan dasar babi.

Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas murka saat mengetahui ada restoran Padang yang menjual makanan berbahan dasar babi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas murka saat mengetahui ada restoran Padang yang menjual makanan berbahan dasar babi.

Menurutnya, pemilik rumah makan tersebut sudah merendahkan martabat dan ajaran agama yang dijunjung tinggi oleh orang-orang Minang.

"Sebagai bagian dari warga masyarakat Minang, saya benar-benar tersinggung karena seperti diketahui orang Minang atau Padang itu punya falsafah di mana adat bersendi syara', dan syara' bersendi kitabullah," ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/6/2022).

Anwar Abbas yang juga merupakan putra Minang pun menyebut sang pemilik restoran telah menyakiti orang Padang yang selama ini dikenal sangat menghormati adat dan ajaran agama Islam.

"Praktek yang dilakukan oleh si pengusaha restoran jelas-jelas telah mengangkangi dan merendahkan adat dan ajaran agama yang dihormati oleh orang Minang atau Padang," ujarnya.

Baca juga: Pesan Wagub Ariza soal Viral Restoran Padang Sajikan Olahan Babi: Jangan Sampai Melukai yang Lain

Oleh karena itu, ia pun meminta agar sang pemilih rumah makan segera ditindak hukum lantaran dianggap telah melecehkan agama dan adat orang Minang.

"Saya meminta pihak kepolisian agar turun dan menyelesaikan persoalan ini secepatnya, serta menyeret yang bersangkutan ke pengadilan," tuturnya.

Ilustrasi menu masakan Padang
Ilustrasi menu masakan Padang (Tribun Jambi/ Teguh Suprayitno)

"Karena yang bersangkutan telah melakukan praktek tidak terpuji berupa pelecehan terhadap ajaran agama dan budaya dari orang minang," sambungnya.

Reaksi Wagub Ariza, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria soroti restoran nasi padang yang berbahan dasar babi.

Diketahui, Restoran Babiambo yang terletak di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara kini viral lantaran menjual menu khas Minangkabau berbahan dasar babi.

Meski baru mengetahui hal ini, ia memperingatkan para pemilik restoran atau rumah makan untuk tak melukai satu sama lain.

"Kemudian kedua, kalau mau ada kreatifitas itu boleh, tapi jangan sampai melukai yang lain. Nanti dikhawatirkan di resto padang itu orang makan gak tau ya haram," katanya di Balai Kota DKI, Jumat (10/6/2022).

Terlebih selama ini restoran padang yang ada menjual makanan khas Minangkabau halal.

Baca juga: Wagub Ariza Buka Suara Soal Viral Restoran Babiambo Jual Masakan Padang Berbahan Dasar Babi

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved