Bertahun-tahun Parkir Liar dan PKL di Depan Pasar Ciplak Cipinang Diduga Dikuasai Satu Kelompok

Beda dengan parkir liar di bagian depan Pasar Ciplak, parkir di dalam area pasar dikelola Jakpro dan pendapatannya masuk kas Pemprov DKI Jakarta.

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Istimewa
Lahan depan Pasar Ciplak di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022), dijadikan lahan parkir liar. Pemasukan dari parkir liar dan PKL di lokasi tersebut diduga dikuasai satu kelompok tertentu.  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Lahan depan Pasar Ciplak di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, kini bermunculan parkir liar sepeda motor dan pedagang kaki lima alias PKL.

Sofyan (42), warga sekitar mengatakan, lahan depan Pasar Ciplak tersebut sudah dijadikan parkir liar dan pedagang kaki lima sejak beberapa tahun terakhir oleh satu kelompok.

Beda dengan parkir liar di bagian depan Pasar Ciplak, parkir di dalam area pasar dikelola Jakpro dan pendapatannya masuk kas Pemprov DKI Jakarta.

Sementara, parkir liar di depan pasar tersebut tidak tercatat sebagai kas pemerintah daerah.

"Saya sempat mendengar pemasukan dari parkir dalam sehari bisa lebih dari Rp800 ribu. Kalau yang pedagang biasanya bayar Rp300 ribu perbulan," kata Sofyan di Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Tebet Eco Park Semrawut Diserbu PKL dan Parkir Liar, Anies Baswedan Langsung Panggil Anak Buahnya

Menurutnya, keuntungan dari lahan parkir tersebut besar karena pembeli pengguna sepeda motor lebih memilih memarkirkan kendaraan di badan jalan ketimbang dalam Pasar Ciplak.

Pertimbangan lebih praktis dan karena tidak memiliki kartu member membuat pembeli lebih memilih parkir di badan jalan yang setiap harinya dijaga sekelompok orang.

Lahan depan Pasar Ciplak di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022), dijadikan lahan parkir liar. Pemasukan dari parkir liar dan PKL di lokasi tersebut diduga dikuasai satu kelompok tertentu. 
Lahan depan Pasar Ciplak di Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022), dijadikan lahan parkir liar. Pemasukan dari parkir liar dan PKL di lokasi tersebut diduga dikuasai satu kelompok tertentu.  (Istimewa)

Tapi, tidak diketahui pasti kemana aliran keuntungan parkir tersebut, padahal parkir liar beroperasi tepat depan pintu masuk utama Pasar Ciplak yang dikelola Pemprov DKI Jakarta.

"Karena berbeda pasti uang parkirnya nggak masuk ke parkir yang terdaftar. Karena setahu saya itu juga dipegang organsiasi. Tapi pasti keuntungan besar lah," ujarnya.

Manager Area 07 Perumda Pasar Jaya, Fauzan mengakui keberadaan parkir liar tersebut dan sebelumnya penyelesaian masalah pernah dibahas oleh jajaran Perumda Pasar Jaya.

Tapi pihaknya beralasan belum bisa melakukan penindakan karena lahan parkir tersebut belum tentu masih termasuk aset Perumda Pasar Jaya, serta untuk mencegah timbulnya konflik.

Baca juga: Soroti Pembangunan Infrastruktur di Jakarta, Pengamat: Anies Baswedan Baru Fokus di Pusat Kota

"Kita juga belum bertindak karena untuk mencegah konflik terjadi di pasar tersebut. Apalagi pengelola parkir yang ada juga sudah menanyakan hal tersebut," tutur Fauzan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved