Kontroversi Holywings

Selain Holywings, 5 Diskotek di Jakarta Ini Juga Pernah Ditutup Anies Baswedan

Selain Holywings, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pernah menutup lima diskotek lain selama menjadi orang nomor satu di ibu kota.

Penulis: Elga Hikari Putra | Editor: Yogi Jakarta
Kolase Tribun Jakarta
Selain Holywings, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pernah menutup lima diskotek lain selama menjadi orang nomor satu di ibu kota. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Selain Holywings, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pernah menutup lima diskotek lain selama menjadi orang nomor satu di ibu kota.

Diketahui, Holywings ditutup oleh Anies Baswedan pada Senin (27/6/2022).

Hal itu berawal dari promo alkohol berbau SARA yang dilakukan Holywings untuk yang bernama Muhammad dan Maria.

Total ada 12 gerai Holywings di Jakarta yang izin usahanya dicabut oleh Pemprov DKI Jakarta atas intruksi langsung dari Anies.

Pencabutan izin ini dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berdasarkan rekomendasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (DPPKUKM) DKI Jakarta.

Baca juga: Hari Ini Seluruh Gerai Holywings di Jakarta Ditutup Paksa, 240 Satpol PP Dikerahkan

Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, mengatakan, rekomendasi pencabutan izin diberikan lantaran ada temuan beberapa pelanggaran yang dilakukan Holywings.

Pertama, hasil penelitian dan pemeriksaan dokumen perizinan Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS RBA) serta pemantauan lapangan.

"Beberapa outlet Holywings Group yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta terbukti ditemukan beberapa outlet Holywings belum memiliki sertifikat standar KBLI 56301 jenis usaha Bar yang telah terverifikasi,” ujarnya.

Seginilah jumlah orang yang bakal jadi pengangguran bila Holywings ditutup imbas promo alkohol untuk nama Muhammad dan Maria.
Selain Holywings, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pernah menutup lima diskotek lain selama menjadi orang nomor satu di ibu kota. (Kolase Tribun Jakarta/Instagram Holywings Indonesia)

Penelusuran dari DinasPerindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPPKUKM) juga menemukan fakta bahwa Holywings Group ternyata hanya mengantongi sertifikat KBLI 47221.

Sebagai informasi, pemilik sertifikat ini hanya diizinkan menjual minuman beralkohol untuk dibawa pulang.

Selain Holywings, berikut ini TribunJakarta.com merangkum sejumlah diskotek di DKI yang ditutup Anies Baswedan.

1. Diskotek Exotic

Diskotek pertama yang ditutup saat Anies memimpin Jakarta ialah Diskotek Exotic.

Hal itu terjadi pada April 2018.

Baca juga: Izin Usaha Dicabut Gubernur Anies Baswedan, Apa Benar Holywings Tak Bisa Beroperasi Lagi?

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved