Sejak Awal Tahun 2022, Damkar Depok Tangani 71 Kasus Kebakaran: Mayoritas Korsleting Listrik

Sampai Juli 2022, Dinas Damkar Depok telah menangani 71 kasus kebakaran, mayopritas disebabkan korsleting listrik.

Istimewa
Layar tangkap kebakaran di Pasar Kemiri, Beji, Kota Depok, Senin (2/5/2022). Sampai Juli 2022, Damkar Depok telah menangani 71 kasus kebakaran. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS - Terhitung enam bulan sejak awal tahun 2022 hingga saat ini, Dinas Damkar Kota Depok mencatat ada 71 peristiwa kebakaran di Kota Depok.

Jumlah tersebut, naik sebanyak 19 kasus dibandingkan tahun 2021 lalu..

Kanit Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, penyebab kebakaran  ini mayoritas diakibatkan korsleting listrik.

Selain itu, penyebab lainnya adalah ledakan tabung gas dan bakaran sampah.

"Objek yang terbakar beragam, rumah, kios lapak usaha, tempat sampah dan juga tiang listrik," kata Welman dilansir dari situs resmi Pemkot Depok, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Pasar Kemiri Depok Kebakaran, Puluhan Lapak Pedagang Hangus Dilalap Si Jago Merah

Lebih lanjut, Welman mengatakan pada bulan Januari terdapat 11 kasus, Februari delapan kasus, Maret 17 kasus dan April 12 kasus. Sementara Mei 16 kasus dan Juni tujuh kasus.

"Kejadian tersebar di seluruh kecamatan, terbanyak di Beji, Sukmajaya, Sawangan dan Cimanggis masing-masing sembilan kasus kebakaran," bebernya.

Terakhir, ia mengimbau warga agar senantiasa waspada terhadap bahaya kebakaran dengan melakukan sejumlah langkah pencegahan.

Langkah pencegahan yang ia maksud di antaranya adalah pemeriksaan instalasi listrik secara rutin maksimal 10 tahun sekali, gunakan peralatan listrik yang sesuai standar PLN, serta matikan listrik yang tidak perlu.

"Kemudian, cabut semua colokan saat hendak bepergian, jangan membakar sampah, jangan membuang puntung rokok sembarangan dan matikan kompor jika tidak digunakan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved