Idul Adha

Tidak Layak Konsumsi, Satpel KPKP Temukan Cacing Hati Pada Sapi Kurban di Pasar Rebo

Satpel Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur menemukan organ hewan kurban tidak layak konsumsi.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Petugas Sudin KPKP Jakarta Timur saat melakukan pemeriksaan postmortem organ hewan kurban di tempat pemotongan, Kecamatan Kramat Jati, Minggu (10/7/2022). Satpel Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur menemukan organ hewan kurban tidak layak konsumsi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Satpel Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur menemukan organ hewan kurban tidak layak konsumsi.

Penyuluh Peternakan Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo, Suneb Sacapraja mengatakan temuan tersebut dari hasil pemeriksaan postmortem (setelah pemotongan) Minggu (10/7/2022).

"Ditemukan cacing hati pada sapi sebanyak 3 ekor, dan hatinya diafkir (dimusnahkan). Sudah tidak layak konsumsi," kata Suneb di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (11/7/2022).

Pemeriksaan postmortem di tempat pemotongan ini bertujuan memastikan organ hewan kurban meliputi jantung, hati, paru, limpa, ginjal yang dibagikan ke masyarakat layak konsumsi.

Sebelum pemotongan, Satpel KPKP Kecamatan Pasar Rebo juga melakukan pemeriksaan antemortem untuk memastikan apa hewan terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) atau tidak.

Baca juga: Wabah PMK Merebak, Jumlah Pemotongan Hewan Kurban di DKI Malah Meningkat, Kok Bisa?

"Untuk PMK aman (tidak ditemukan hewan yang terpapar)," ujar Suneb.

Sebelumnya, Sudin KPKP Jakarta Timur mengerahkan 181 petugas gabungan dalam pemeriksaan postmortem hewan kurban di tempat-tempat pemotongan pada Iduladha 1443 Hijriah.

Proses pemotongan daging hewan kurban di Masjid Baiturrahman, Bumi Harapan Permai, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (10/7/2022).
Proses pemotongan daging hewan kurban di Masjid Baiturrahman, Bumi Harapan Permai, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (10/7/2022). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Jumlah tersebut meliputi Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Dinas KPKP DKI Jakarta, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan mahasiswa IPB.

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, drh Theresia Ellita G mengatakan proses pemeriksaan postmortem ini sudah dimulai sejak Sabtu (9/10/2022) di tempat pemotongan.

"Kita melakukan kegiatan (pemeriksaan postmortem) dari tanggal 9 Juli sampai nanti H+3 di tanggal 13 Juli 2022," kata Ellita di Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (10/7/2022).

Pemeriksaan Postmortem Hewan Kurban di Jakarta Timur Sampai 13 Juli 2022

Sebanyak 181 petugas gabungan dikerahkan dalam pemeriksaan tahap postmortem (setelah pemotongan) hewan kurban di Jakarta Timur.

Jumlah tersebut meliputi Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Dinas KPKP DKI Jakarta, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), dan mahasiswa IPB.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved