Pilpres 2024

Survei CPCS: Prabowo Subianto Raih Elektabilitas Tertinggi, Anies-Ganjar Bersaing Ketat

Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 23,1 persen.

Editor: Wahyu Septiana
Kolase dok. Tribunnews
Elektabilitas bakal kandidat capres Pemilu 2024 Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo - Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 23,1 persen. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Tiga nama merajai bursa calon presiden, dengan elektabilitas tertinggi diraih oleh Prabowo Subianto.

Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 23,1 persen.

Dengan capaian tersebut, Prabowo berhasil mencatatkan rekor elektabilitas tertinggi dalam dua tahun terakhir, pasca-gelaran Pemilu 2019 lalu.

Sementara itu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo saling berkejaran memperebutkan posisi kedua dan ketiga.

Setelah sempat unggul pada survei bulan April 2022, Ganjar kembali disalip oleh Anies yang elektabilitasnya melejit dalam setahun terakhir.

Kini Anies berada pada urutan kedua dengan elektabilitas 20,4 persen, tipis di atas Ganjar sebesar 20,0 persen.

Baca juga: Ganjar di Urutan Pertama Lalu Anies di ke Dua Dalam Survei Calon Presiden 2024, Prabowo ke Berapa?

“Prabowo berhasil meraih elektabilitas tertinggi dalam bursa capres, sedangkan Anies dan Ganjar bersaing ketat di posisi tiga besar,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. dalam press release di Jakarta pada Kamis (4/8/2022).

Menurut Okta, bursa capres kini didominasi tiga besar saja, yaitu Prabowo, Anies, dan Ganjar, dengan elektabilitas masing-masing telah menembus 20 persen.

Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 23,1 persen.
Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 23,1 persen. (Dok CPCS)

“Peluang ketiganya diusung sebagai capres semakin besar, lebih-lebih jika elektabilitas terus bergerak naik,” tandas Okta.

Menjulangnya elektabilitas ketiga tokoh tersebut memperlebar jarak dengan nama-nama lain, yaitu Ridwan Kamil (5,6 persen), Sandiaga Uno (4,3 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (3,3 persen).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved