Pilpres 2024

Survei CPCS: Simulasi Pasangan Capres, Prabowo-Puan Unggul, Dibayangi Ganjar-Andika

Temuan survei CPCS menunjukkan pasangan Prabowo dan Puan berpeluang unggul telak dalam sejumlah simulasi, dengan elektabilitas mencapai 51,3 persen.

Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA/Kolase Tribun Pekanbaru
Prabowo dan Puan Maharani, diprediksi akan berpasangan di Pilpres 2024 - Peta koalisi partai-partai politik mulai dinamis, dengan telah terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Golkar, PAN, dan PPP. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Peta koalisi partai-partai politik mulai dinamis, dengan telah terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Golkar, PAN, dan PPP.

KIB disebut-sebut menjadi mesin politik Presiden Jokowi untuk memberikan dukungan terhadap capres pada Pemilu 2024.

Sementara itu Nasdem telah memunculkan tiga nama capres, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa.

Nasdem ditengarai menjalin komunikasi dengan partai-partai seperti PKS dan Demokrat, khususnya dalam penentuan nama-nama capres dan cawapres.

PDIP dan Gerindra paling awal digadang-gadang sebagai koalisi strategis sejak Prabowo bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi periode kedua.

Tetapi Gerindra pun membuka diri dengan partai-partai lain, seperti penjajakan koalisi dengan PKB.

Baca juga: Survei CPCS: Prabowo Subianto Raih Elektabilitas Tertinggi, Anies-Ganjar Bersaing Ketat

Dengan masih berlakunya ketentuan presidential threshold (PT) 20 persen, paling banyak bisa terbentuk empat poros koalisi Pilpres, di mana PDIP menjadi satu-satunya partai politik yang berhak mengusung pasangan capres-cawapres tanpa perlu berkoalisi.

Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani berpeluang unggul telak dalam sejumlah simulasi, dengan elektabilitas mencapai 51,3 persen.

Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani berpeluang unggul telak dalam sejumlah simulasi, dengan elektabilitas mencapai 51,3 persen.
Temuan survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani berpeluang unggul telak dalam sejumlah simulasi, dengan elektabilitas mencapai 51,3 persen. (Dok CPCS)

“Di antara sejumlah simulasi, Prabowo-Puan unggul telak dibanding pasangan capres-cawapres yang lain,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. dalam keterangan persnya, pada Kamis (4/8/2022).

Pasangan Prabowo-Puan unggul dalam simulasi tiga pasangan capres-cawapres, mengalahkan Anies-Andika (22,5 persen) dan Ganjar-Airlangga (20,8 persen), sedangkan sisanya tidak tahu/tidak jawab 5,4 persen.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved