17 Agustus 2022

Peringati HUT ke-77 RI, Ketum DPP KNPI Mau Mengembalikan Pemuda Indonesia Jadi Investor of Change

Peringatan HUT ke-77 RI menjadi catatan penting bagi generasi muda untuk bangkit dan bersemangat terhadap peran serta dalam pembangunan di negara.

Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA
Ketua Umum DPP KNPI, Ilyas Indra dalam memperingati Hari Ulang Tahun KNPI ke-49 tepat tanggal 23 Juli 2022 - Peringatan HUT ke-77 RI menjadi catatan penting bagi generasi muda untuk bangkit dan bersemangat terhadap peran serta dalam pembangunan di negara. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP KNPI, Ilyas Indra menyebut bila peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI menjadi satu catatan penting bagi generasi muda Indonesia saat ini untuk terus bangkit dan bersemangat terhadap peran serta dalam pembangunan di negara ini.

Menurut Ilyas Indra, perlu merenungkan bahwa peran pemuda dalam Kemerdekaan di Indonesia sangatlah penting yang berproses begitu panjang hingga 1945.

Perjuangan para pemuda ikut terlibat memerdakan bangsa dimulai ratusan tahun sebelum Indonesia merdeka.

"Dimulai dari perjuangan penguatan pendidikan, perjuangan gerilya, hingga perjuangan diplomasi internasional rata rata pemuda Indonesia terlibat secara langsung dalam semua proses menuju Indonesia merdeka," kata Ilyas Indra, Rabu (17/8/2022).

Dari kajian keterlibatan pemuda dalam kemerdekaan Indonesia ini menunjukan beberapa hal di antaranya ;

1. Pemuda Indonesia memiliki jiwa heroik dan perjuangan untuk bangsanya, untuk negaranya agar terbebas dari penjajahan dan merdeka, sehingga leluasa dalam mengembangkan dan memajukan negara.

Baca juga: HUT Ke-49 KNPI, Ilyas Indra Dorong Pemuda Indonesia Wujudkan Gerakan Investor of Change

2. Pemuda Indonesia dalam keterlibatan perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia memiliki semangat juang tanpa pamrih, tidak berfikir jabatan dan mendapatkan apa tapi berkontribusi untuk bisa mewujudkan Indonesia merdeka.

3. Pemuda di era itu mementingkan Karakter Nasionalisme of Interest, mengedepankan bahwa kepentingan nasional dan bangsa ini diatas kepentingan apapun atau kepentingan lainya.

Ketua Umum DPP KNPI Dr. Ilyas Indra dengan Ketua Majelis Pemuda Indonesia Fahd El Fouz Arafiq mendapat Ucapan selamat dan dukungan langsung dari President Organisation Of Islamic Youth Saudara Hammad Khan Kakar, Rabu (20/4/2022).
Ketua Umum DPP KNPI Dr. Ilyas Indra dengan Ketua Majelis Pemuda Indonesia Fahd El Fouz Arafiq mendapat Ucapan selamat dan dukungan langsung dari President Organisation Of Islamic Youth Saudara Hammad Khan Kakar, Rabu (20/4/2022). (Dok pribadi Ilyas Indra)

4. Pemuda benar benar mewujudkan semangat kebangsaan secara langsung bukan opini semata tetapi melakukan tindakan nyata untuk mencintai bangsa dan negaranya.

5. Dan pemuda saat itu menjalankan komitmen bahwa pemuda harus berfikir apa yang bisa diberikan untuk negara ini bukan berfikir apa yang bisa diberikan negara untuk pemuda.

Rangkaian panjang semangat juang pemuda di era kemerdaan yang begitu panjang menjadi catatan saat ini bahwa pemuda kita mengalami penurunan berkenaan dengan semangat juang untuk negaranya dibanding dengan pemuda Indonesia di era kemerdekaan.

"Kita sangat prihatin saat ini pemuda adalah persoalan bangsa ini, Indonesia saat ini memiliki bonus demografi dimana dari 270 juta lebih penduduk Indonesia kita memiliki 150 juta lebih baik generasi Z yang rentang usia 17 - 25 tahun dan generasi milenial yang rentang usia 26 - 41 tahun," ujarnya.

"Kondisi saat ini 150 juta lebih pemuda Indonesia adalah sumber persoalan bangsa ini, mulai dari rendah motivasi, persoalan pengangguran, pendidikan rendah dan lainya ada pada pemuda Indonesia saat ini," tambah dia.

Baca juga: Berikan Kuliah Kebangsaan, BIN Harapkan KNPI Ciptakan Pemuda yang Berkualitas

Berikut beberapa catatan penurunan penguatan kebangsaan pemuda saat ini yang berbeda dengan pemuda di era kemerdekaan, di antaranya ;

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved