Busana 'Lorong Waktu' Tutup JF3 Fashion Festival 2022: Kolaborasi Lakon dan Maestro Batik Indonesia

Batik Cahyo dipilih untuk ikut meramaikan JF3 Fashion Festival tahun ini lantaran dikenal dengan motif khasnya bergambar flora dan fauna.

Dok. JF3 Fashion Festival
Pertunjukan busana bertajuk "Lorong Waktu" menjadi penutup rangkaian JF3 Fashion Festival di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING - Pertunjukan busana bertajuk "Lorong Waktu" menjadi penutup rangkaian Jakarta Fashion & Food Festival 2022 atau yang dikenal dengan JF3 Fashion Festival 2022 di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (6/9/2022).

Setelah lima hari digelar, festival busana JF3 akan ditutup peragaan busana dari koleksi Lorong Waktu yang merupakan hasil kolaborasi Lakon Indonesia dengan maestro batik Indonesia, Batik Cahyo.

Founder Lakon Indonesia, Thresia Mareta mengatakan, pihaknya bekerjasama langsung dengan pengrajin tradisional di daerah untuk ditampilkan dalam JF3 Fashion Festival tahun ini.

"Hal ini memberikan hasil yang nyata dalam menggerakan roda perekonomian mereka," kata Thresia dalam konferensi pers di JF3 Fashiom Festival.

Lorong Waktu bertujuan mengingatkan prinsip-prinsip dasar budaya dan tradisi yang sudah diwariskan secara turun temurun.

Baca juga: Buka JF3 di Kelapa Gading, Sandiaga Uno: Kalau di AS New York Fashion Week, Jakarta Punya Ini!

Busana yang diperagakan dalam puncak JF3 Fashion Festival ini juga dibuat dengan mengekplorasi berbagai macam material.

"Seperti katun, denim, kanvas, voile, taffeta, dan chiffon. Ini juga mengajarkan cara kerja dan cara pembuatan yang lebih benar sehingga kematangan karya mereka dapat berkembang dengan lebih baik," ucap Thresia.

Suasana pembukaan JF3 Fashion Festival di ke-18 di La Piazza Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (1/9/2022) malam.
Suasana pembukaan JF3 Fashion Festival di ke-18 di La Piazza Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (1/9/2022) malam. (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Batik Cahyo dipilih untuk ikut meramaikan JF3 Fashion Festival tahun ini lantaran dikenal dengan motif khasnya bergambar flora dan fauna.

Batik tulis ini dikerjakan sangat luwes dan halus dengan teknik pewarnaan yang sangat istimewa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved