Pilpres 2024

Hasil Survei Voxpopuli: Elektabilitas Prabowo, Anies Baswedan & Puan Menanjak, Ganjar Pranowo Stabil

Prabowo Subianto masih memuncaki elektabilitas dalam bursa capres jelang Pilpres 2024. Berikut elektabilitas capres lainnya versi Voxpopuli?

Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Prabowo Subianto, Anies Baswedan,Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Prabowo Subianto masih memuncaki elektabilitas dalam bursa capres jelang Pilpres 2024, Selasa (13/9/2022). Berikut elektabilitas capres lainnya versi Voxpopuli? 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih memuncaki elektabilitas dalam bursa calon presiden jelang Pilpres 2024.

Tren elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalami kenaikan. Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Prabowo mencapai 22,1 persen.

Berselisih hanya sekira 1 persen, Ganjar Pranowo cenderung stabil dalam kurun setahun, kini sebesar 21,0 persen.

Anies Baswedan mengejar pada posisi ketiga, dengan elektabilitas menanjak tajam, sebesar 17,5 persen.

Jauh di bawahnya, terdapat nama-nama seperti Ridwan Kamil (6,2 persen), Sandiaga Uno (4,8 persen), Puan Maharani (4,3 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (3,7 persen). Elektabilitas Puan pelan-pelan bergerak naik, mendekati RK dan Sandi.

Baca juga: Hasil Survei Voxpopuli: Jajaki Koalisi dengan PDIP, Elektabilitas NasDem Kembali Naik

“Elektabilitas Ganjar stabil dalam setahun terakhir, sementara Prabowo, Anies, dan Puan terus bergerak menanjak,” ungkap peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan tertulis. Selasa (13/9/2022).

Menurut Prijo, tingginya elektabilitas Ganjar yang tidak disertai dengan peningkatan signifikan berkaitan dengan belum adanya dukungan resmi partai politik.

Nama Ganjar memang masuk dalam daftar usulan capres dari Nasdem, tetapi di internal PDIP sendiri masih menuai gejolak.

Temuan survei Voxpopuli Research Center mengenai elektabilitas calon presiden di Pilpres 2024, Selasa (13/9/2022).
Temuan survei Voxpopuli Research Center mengenai elektabilitas calon presiden di Pilpres 2024, Selasa (13/9/2022). (Istimewa)

“Sebaliknya dengan Anies yang mendapat momentum dari dukungan NasDem, hingga menuai lonjakan kenaikan elektabilitas,” kata Prijo.

Meskipun demikian NasDem juga masih belum berhasil menggalang koalisi untuk memuluskan langkah Anies menuju gelaran Pilpres 2024.

Sejauh ini baru Gerindra yang berkoalisi dengan PKB dan telah menyatakan dukungan kepada Prabowo untuk kembali maju menjadi capres.

Baca juga: Posisi di Bawah Ganjar dan Prabowo, Hasil Survei Nilai Anies Baswedan Kurang Tegas dan Merakyat

Sementara itu Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) belum memunculkan nama-nama capres.

“Sandi masih harus bergerilya mencari dukungan partai-partai lain setelah Gerindra resmi bakal mengusung Prabowo,” tegasnya.

Belum adanya dukungan partai membuat elektabilitas Sandi menurun, demikian pula dengan RK yang terus melorot.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved