Kenaikan Harga BBM

Massa Buruh Terus Gelar Aksi Demo Tolak Kenaikan BBM di Patung Kuda, DLH Angkut Sampah Sampai 2 Ton

Aksi demo tolak kenaikan harga BBM bersubsidi yang dilakukan elemen mahasiswa hingga buruh meninggalkan timbunan sampah sampai 2 ton.

Pebby Ade Liana/TribunJakarta.com
Buruh demo penolakan kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Senin (12/9/2022). Aksi demo tolak kenaikan harga BBM bersubsidi yang dilakukan elemen mahasiswa hingga buruh meninggalkan timbunan sampah sampai 2 ton. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Aksi demo tolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang dilakukan elemen mahasiswa hingga buruh pada Selasa (13/9/2022) kemarin meninggalkan timbunan sampah.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mencatat, sampah yang dihasilkan dari aksi penyampaian pendapat itu mencapai 2 ton.

"Timbunan sampah (setelah aksi demo) 5 meter kubik atau sekira 2 ton," ucap Sub Koordinator Urusan Penyuluhan dan Humas DLH DKI Jakarta Yogi Ikhwan saat dikonfirmasi, Rabu (14/9/2022).

Untuk membersihkan sampah dari aksi yang digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat itu, sebanyak 55 orang petugas kebersihan dikerahkan.

Proses pembersihan pun berlangsung kurang lebih dua jam lantaran massa aksi baru membubarkan diri sekira pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Demo Harga BBM Sempat memanas, Kini Massa Sudah Bubarkan Diri dari Patung Kuda

"Pembersihan mulai pukul 19.30 WIB sampai 21.30 WIB," ujarnya.

Untuk mempercepat proses pembersihan kawasan Patung Kuda, Dinas Lingkungan Hidup turut mengerahkan dua unit truk pengangkut sampah tipe anorganik, dua unit mobil lintas phanter, dan dua unit germor pengangkut sampah.

Mobil demo buruh penolakan kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Senin (12/9/2022).
Mobil demo buruh penolakan kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Senin (12/9/2022). (Pebby Ade Liana/TribunJakarta.com)

Sebelumnya, ribuan peserta aksi yang terdiri dari elemen mahasiswa dan juga buruh, bersatu menyuarakan protes ke pemerintah terkait harga BBM di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Menurut pantauan TribunJakarta.com, aksi tersebut sudah berlangsung sejak siang tadi sekitar pukul 12.00 WIB.

Namun sejumlah elemen mahasiswa masih terus berdatangan dan bertambah jumlahnya hingga sore hari ini sekitar pukul 16.10 WIB.

Beberapa di antaranya ialah kelompok mahasiswa dari Universitas Muhamadiyah Tangerang, Universitas Indonesia, Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama, Universitas Bung Karno, dan beberapa mahasiswa dari universitas lainnya. 

Mereka berdatangan dengan mengenakan jaket almameter masing-masing sambil membawa sejumlah bendera dan spanduk berisi tuntutan.

Baca juga: Mahasiswa dan Buruh Bersatu Demo Kenaikan Harga BBM, Begini Kondisi Terkini di Patung Kuda

Sementara itu, beberapa elemen buruh sebelumnya juga sudah mulai berorasi sejak siang tadi. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved