Penjabat Pengganti Anies Baswedan

PDIP Blak-blakan Ingin Usung Risma Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan, Kenapa Batal?

PDIP blak-blakan berniat mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Kenapa batal?

Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Mensos Tri Rismaharini dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. PDIP blak-blakan berniat mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan, Kamis (15/9/2022). Kenapa batal? 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono mengaku sejatinya ingin mendorong sosok Tri Rismaharini sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan.

Menurutnya, Risma pantas memimpin Jakarta lantaran punya pengalaman segudang sebagai Wali Kota Surabaya.

"Pengalaman beliau sukses memimpin Kota Surabaya selama dua periode, kami melihat kepemimpinan beliau cocok untuk diterapkan di DKI Jakarta," ucapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Namun, keinginan PDIP mengusung Risma urung dilakukan lantaran saat ini dirinya mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan sebagai Menteri Sosial.

Tak hanya itu, Risma juga terbentur aturan yang menyebutkan syarat menjadi Pj Gubernur harus dari jabatan pimpinan tinggi madya.

Baca juga: DPRD DKI Minta TGUPP Dibubarkan Setelah Anies Lengser, Wagub Ariza dan TGUPP Kompak Beri Respons 

"Setelah melakukan koordinasi dengan DPD DKI dan DPP PDI Perjuangan, kami akhirnya mengusulkan tiga nama lain sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta," ujarnya.

Adapun ketiga nama yang akhirnya diusulkan oleh Fraksi PDIP itu ialah Sekretaris Daerah (Sekda) Marullah Matali, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar.

Suasana rapimgab penetapan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).
Suasana rapimgab penetapan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022). (Dionisius Arya Bima suci / TribunJakarta.com)

Ketiganya diusulkan PDIP lantaran dinilai memenuhi syarat sebagai Pj Gubernur DKI.

Dari ketiga nama ini, siapapun yang terpilih, Gembong meyakini sosok terpilih nanti bisa melanjutkan pembangunan di Jakarta dan melakukan eksekusi terhadap program yang belum sempat dijalankan Gubernur Anies Baswedan.

Baca juga: Dikritik hingga Diminta Bubar, Ternyata Ini yang Dikerjakan TGUPP DKI Jakarta di Era Anies Baswedan

Serta mampu membangun harmonisasi antara eksekutif, legislatif, Forkopimda, dan pemerintah pusat.

"Menurut kami tiga nama tersebut mumpuni dan bisa mendekati seperti sosok ibu Risma memimpin Surabaya, semoga nama yang terpilih nanti menjalankan tupoksi sebagai Pj Gubernur dengan sungguh-sungguh dan memastikan guna memenuhi tumpahan harapan warga ibukota terhadap penanganan masalah pembangunan," kata dia.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved