Pulau Pari Dilanda Banjir Rob, Wagub Ariza Singgung Perubahan Iklim dan Cuaca

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut banjir rob di Pulau Pari terjadi lantaran perubahan iklim dan perubahan cuaca yang tak menentu.

TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut banjir rob di Pulau Pari terjadi lantaran perubahan iklim dan perubahan cuaca yang tak menentu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara soal banjir rob di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Ia menjelaskan, banjir rob yang terjadi lantaran perubahan iklim dan perubahan cuaca yang tak menentu.

"Ya memang kan sekarang memang cuacanya sedang tidak menentu. Perubahan Iklim ya. Mengenai banjir rob itu yang sering terjadi di daerah pesisir terutama di Jakarta Utara," katanya di Balai Kota DKI, Kamis (22/9/2022) malam.

Orang nomor dua di DKI ini mengungkapkan solusinya adalah pembuatan tanggul.

Terlebih, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) sempat menyarankan penanaman lebih banyak bakau atau mangrove menjadi solusi jangka panjang.

Baca juga: Pemprov DKI Datangkan 12 Ton Daging Sapi Beku dari NTT untuk Warga Jakarta

"Tapi prinsipnya, Pemprov DKI Jakarta, selalu mengupayakan yang terbaik bagi warga Jakarta. Tidak hanya kami anggarkan, kami buat program-program terkait pengendalian banjir di Jakarta, teman-teman bisa lihat Dinas SDA itu lebih dari Rp 4 triliun anggaran yang kami anggarkan untuk pengendalian banjir di Jakarta di tahun 2022 ini," lanjutnya.

"Ya itu juga penanaman mangrove itu terus dilaksanakan program-program seperti itu. Tidak hanya pemprov, tapi juga masyarakat, organisasi kita tahu membantu wilayah Jakarta dengan menanam mangrove. Saya juga pernah ikut organisasi Jaika saya nanam mangrove juga ya Dan organisasi menwa Dan organisasi lainnya," ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berkomentar soal kebakaran di Tambora, Kamis (18/8/2022) saat ditemui di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berkomentar soal kebakaran di Tambora, Kamis (18/8/2022) saat ditemui di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara. (Gerald Leonardo Agustino/TribunJakarta.com)

Dilansir dari Kompas.com, Warga Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, merasakan dampak perubahan iklim yang nyata. Salah satunya adalah banjir rob yang semakin sering terjadi setiap tahun.

Edi (37), warga Pulau Pari, menyaksikan, kenaikan permukaan air laut yang masuk ke daratan jarang terjadi 20 tahun lalu. Namun, banjir rob terjadi semakin sering sejak awal tahun 2000-an.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved