Anggota DPR RI Daniel Johan Minta Pemerintah Awasi Produk Kena Cukai

Anggota DPR RI Daniel Johan meminta pemerintah mengawasi produk barang kena cukai termasuk vape.

ISTIMEWA
Anggota DPR RI Daniel Johan. Anggota DPR RI Daniel Johan meminta pemerintah mengawasi produk barang kena cukai termasuk vape, Selasa (27/9/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI Daniel Johan meminta pemerintah mengawasi produk barang kena cukai termasuk vape.

Politikus PKB itu mengaku heran saat mengunjungi Vape Fair 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

"Saya melihat sendiri ada booth besar secara terang-terangan berjualan Disposable Vape Impor ilegal tanpa cukai," kata Daniel Johan dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9/2022).

Daniel mengatakan acara tersebut menjadi etalase bagi perkembangan industri vape di tanah air.

Pada kesempatan tersebut banyak sekali pelaku industri kreatif Indonesia menunjukan kreasi produk-produk andalannya kepada para pecinta vape.

Namun demikian, kata Daniel, industri vape yang sedang berkembang pesat di tanah air ini ternoda oleh banyaknya produk disposable vape ilegal dari luar negeri yang beredar dalam event Vape Fair 2022.

Baca juga: Menilik Prospek Cukai Vape Sebagai Instrumen Pengendalian Konsumsi dan Penerimaan Negara

"Maraknya produk disposable vape ilegal berpotensi merusak industri vpe dalam negeri yang saat ini dikuasai oleh UKM dan anak muda, selain merugikan pendapatan negara dari pungutan Cukai yang hilang karena produk ilegal dijual kepada konsumen tanpa melekatkan Pita Cukai," imbuh Daniel.

Daniel pun meminta aparat pemerintah perlu lebih disiplin lagi dalam melakukan Pengawasan Penjualan produk yang tergolong barang kena cukai.

"Jangan sampai hal seperti ini terjadi lagi di kemudian hari," sambung Daniel Johan.

Baca juga: Paguyuban Asosiasi Vape Nasional Siap Mendukung Regulasi Pembatasan Pengguna di Bawah Umur

Daniel mengatakan produk Disposable Vape ilegal dari luar negeri harus segera dicegah karena limbahnya berpotensi merusak lingkungan.

"Peredarannya mengancam tumbuhnya ekosistem industri vape dalam negeri yang menjadi salah satu andalan industri kreatif generasi muda Indonesia," ujarnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved