Ditanya Soal Mitigasi Banjir di Jakarta, Wagub Ariza: Itu Jadi Tugas Rutin

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim bahwa upaya pencegahan banjir terus dilakukan secara rutin oleh Pemprov DKI Jakarta.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau proyek pembangunan saringan sampah Kali Ciliwung segmen TB Simatupang, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (26/9/2022). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim bahwa upaya pencegahan banjir terus dilakukan secara rutin oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Itu kan sudah menjadi tugas kita rutin. Mengenai program pengendalian banjir, itu terus kita lakukan sepanjang tahun, sepanjang hari," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta tadi malam, Selasa (27/9/2022).

Salah satunya, seperti program pengerukan lumpur yang dilakukan di beberapa waduk wilayah Jakarta.

Tak hanya saat musim penghujan, namun Riza mengatakan berbagai program tersebut dilakukan Pemprov DKI Jakarta sebagai upaya pengendalian banjir bahkan sepanjang tahun.

"Kan program nya jalan, seperti pengerukan lumpur, itu kan berjalan setiap hari, punya eskafator, dump truck, kita kan selalu bekerja. Kita lakukan upaya pengerukan sungai waduk, dan sebagainya," kata dia.

Baca juga: Banjir dan Perbaikan Jalan Masih Jadi Prioritas APBD Kota Tangerang Tahun 2023

Ia pun menyebut, ada banyak program pengendalian banjir yang sudah dijalankan. Termaksud dengan sumur resapan. 

Program-program tersebut, kata Riza dijalankan dengan melibatkan ahli dan juga pakar.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (25/9/2022).
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (25/9/2022). (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Nantinya soal efektif atau tidak, kata Riza masyarakat akan lebih tahu dan merasakan hasil dari program-program yang sudah dilakukan tersebut.

"Pemprov punya tenaga ahli, punya konsep, dasar, terhadap upaya program pengendalian banjir, itu macem-macam. Tidak hanya satu, tapi macam-macam,"

"Masalah efektif atau tidak, masyarakat nanti yang mengetahui dan para pakar di bidang nya yang lebih tau, program apa saja yang dibuat Pemprov DKI yang betul-betul memberikan kontribusi signifikan tentang pengendalian banjir di Ibu Kota," imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) juga melakukan program grebeg lumpur sebagai upaya pencegahan banjir di lima wilayah kota.

Dikutip dari akun instagram resmi Dinas SDA @dinas_sda, salah satu program grebeg lumpur tersebut juga dilakukan di Waduk Pluit, Jakarta Utara pada Minggu (25/9/2022).

Pengerukan tersebut, dilakukan pada segmen sisi barat, tengah, dan tenggara Waduk Pluit.

Adapun dijelaskan bahwa upaya grebeg lumpur di wilayah tersebut sudah dijalankan sejak Desember 2021 lalu dengan jangka waktu pelaksanaan selama 18 bulan dan masih berlangsung hingga saat ini. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved