Tokoh dan Keluarga Nyekar Bersama Kenang Satu Tahun Sabam Sirait di TMP Kalibata

Sejumlah tokoh bersama keluarga Sabam Sirait menggelar ziarah bersama di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Istimewa/dokumentasi acara
Istri almarhum Sabam Sirait dr Sondang Sidabutar (pakai kursi roda) didampingi cucu tertua Yoshua Sirait, putra-putri, cucu dan puluhan tokoh bangsa hadir dalam tabur bunga mengenang satu tahun Sabam Sirait di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejumlah tokoh bersama keluarga Sabam Sirait menggelar ziarah bersama di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).

Kegiatan ziarah digelar dalam rangka memperingati satu tahun wafatnya tokoh nasional Sabam Sirait.

Para tokoh berasal dari Yayasan Komunikasi Indonesia(YKI), Pengurus Nasional Perkumpulan Senior (PNPS) GMKI, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Program Doktor Hukum UKI dan Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA).

Selain itu tampak istri almarhum Sabam Sirait dr. Sondang Sidabutar didampingi putra dan putrinya Batara Imanuel, Mira Sirait, menantu dan cucu-cucunya antara lain Yoshua Sirait.

Rangkaian acara penyampaian kenangan dengan alm Sabam Sirait dari para tokoh yang hadir, doa bersama dan acara Tabur Bunga. 

Tampak hadir di TMP Kalibata yakni Ketua Umum PGI  Pdt. Gomar Gultom  Dr. Bernard Nainggolan, Ir. Robert Sitorus,  Drs. RE. Nainggolan, Pdt. Bambang Jonan,  Pdt. Dr. Binsar Pakpahan, Ir. Nelson Simanjuntak, Abadi Hutagalung dan tokoh lain yang dekat alm Sabam Sirait semasa hidupnya.

Baca juga: PDIP Banyak Bantu Sabam Sirait Saat Jadi Senator Jakarta, Ara Sirait: Terimakasih Atas Dukungannya

Diketahui Sabam Sirait dikenal seorang negarawan dan politisi kawakan bersama 7 presiden RI yang berpulang 29 September 2021 tepat satu tahun hari ini. 

Sabam lama berkecimpung sebagai Anggota DPR, DPD, MPR dan DPA RI.

Namanya juga sedang diusulkan menjadi Pahlawan Nasional Tahun 2022. .

Sejumlah tokoh bangsa hadir dalam tabur bunga mengenang satu tahun Sabam Sirait di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022).
Sejumlah tokoh bangsa hadir dalam tabur bunga mengenang satu tahun Sabam Sirait di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022). (Istimewa/dokumentasi acara)

Ketua Umum YKI Dr. Bernard Nainggolan mengungkapkan  bahwa ternyata sudah satu tahun Sabam wafat. 

Selama  satu tahun ini, kata dia, pihaknya belum menggali  pikiran-pikiran originalnya yang mengingatkan beberapa peristiwa yang betul-betul penting.

"Pancasila satu-satunya membuat kita bersama-sama meski dalam pemikiran berbeda,  karena itu Pancasila harus kita pertahankan bersama,” ujarnya. 

Baca juga: Bagikan 3 Ribu Paket Sembako, Keluarga Besar Sabam Sirait Bantu Kader PDIP DKI

Sabam sering mengutip pandangan TB Simatupang, tokoh yang dikaguminya yang mengatakan  bahwa Pancasila membuat kita untuk menghargai perbedaan meski ada perselisihan namun tetap meyakini satu bangsa dalam bingkai NKRI.

Sementara bagi John Pieter Nainggolan yang didaulat menyampaikan kenangan, mengatakan sangat bersyukur banyak orang bisa bersama ziarah ke makam Sabam Sirait.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved