Ajudan Jenderal Ferdy Sambo Ditembak

ICW Kecewa Eks KPK Bela Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Singgung Ucapan Berpihak Kepada Korban

Keputusan eks juru bicara KPK Febri Diansyah yang membela eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi disayangkan ICW.

Editor: Elga H Putra
Kolase Tribun Jakarta
Keputusan eks juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah yang membela eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi disayangkan Indonesia Corruption Watch (ICW). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Keputusan eks juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah yang membela eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi disayangkan Indonesia Corruption Watch (ICW).

"Untuk itu kami menyayangkan pilihan tersebut akhirnya diambil oleh Febri," kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

Bagi ICW, keputusan untuk mendampingi proses hukum seseorang yang diduga melakukan pembunuhan berencana dan cenderung tidak kooperatif terhadap proses hukum merupakan langkah gegabah.

Kurnia lantas mengingatkan rekannya semasa di ICW itu soal narasi akan selalu berpihak pada korban kejahatan, seperti yang kerap digaungkan Febri.

Dengan narasi yang selalu didengungkan itu, menurut Kurnia, Febri tak seharusnya membela Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Baca juga: Reaksi Kamaruddin saat 2 Mantan Pegawai KPK Jadi Pengacara Ferdy Sambo, Bahas Soal Surga dan Neraka

"Dengan narasi akan selalu berpihak pada korban kejahatan, mestinya Febri tidak mengambil keputusan untuk mendampingi tersangka pembunuhan berencana seperti istri Ferdy," katanya.

Ia pun menggarisbawahi bahwa keputusan Febri untuk membela Putri Candrawathi tidak berkaitan dengan ICW sama sekali.

"Keputusan Febri Diansyah untuk bergabung dalam tim hukum istri Sambo merupakan sikap pribadi yang bersangkutan dan tidak ada kaitan dengan ICW," ujar Kurnia.

Dua orang mantan pegawai KPK, Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang, kini bergabung ke tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.
Dua orang mantan pegawai KPK, Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang, kini bergabung ke tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. (Kolase Tribun Jakarta)

Sebelumnya dua eks pegawai KPK, yakni Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang membuat heboh ketika diumumkan menjadi bagian dari tim kuasa hukum eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Keduanya diperkenalkan khusus dalam jumpa pers di Rooftop Hotel Erian di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022).

Febri dan Rasamala sama-sama pernah menjadi pegawai KPK.

Febri pernah menjabat juru bicara KPK, setelah sebelumnya ia berkarier di Indonesian Corruption Watch (ICW).

Sementara Rasamala adalah mantan Kabiro Hukum KPK.

Keduanya kemudian keluar dari KPK di era kepemimpinan Firli Bahuri.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved