Reuni 212

Rizieq Shihab Bebas Bersyarat, Eks Pimpinan FPI Tak Mau Gegabah Datang ke Reuni 212 di Masjid At-Tin

Habib Rizieq Shihab menceritakan keraguannya hadir di Reuni 212 Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI di Masjid Agung At-Tin.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab di reuni 212 Masjid Agung At Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab menceritakan keraguannya hadir di Reuni 212 Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dan penutup doa di acara Reuni 212 di Masjid Agung At-Tin.

Bahkan, Rizieq Shihab sampai mengumpulkan beberapa orang termasuk pengacaranya Aziz Yanuar untuk meminta masukan.

"Sebelum acara ini digelar, sebelum panitia datang ke rumah saya untuk mengundang, sudah viral di beberapa medsos bahwa panitia akan mengundang saya agar bisa hadir di Reuni 212 ini saudara, saya cepat tanggap. Sebelum panitia datang, saya kumpulkan saya pengacara, kebetulan di sini ada pengacara saya pak Azis Yanuar, Habib Ali Al Atas," kata Rizieq Shihab, Jumat (2/12/2022).

Lantaran Rizieq Shihab masih dalam kondisi bebas bersyarat dari rumah tahanan (rutan) sejak 20 Juli 2022 lalu, ia pun menanyakan perihal kedatangannya kepada pengacaranya.

"Saya tanya mereka: ini ada panitia bersama, saya belum ketemu mereka, tapi katanya mau datang mengundang saya untuk ikut Reuni 212 dan saya sendiri belum tahu reuni itu bentuknya kayak gimana, tempatnya di mana, waktunya kapan, cuma udah tersiar panitia mau datang, saya minta pertimbangan hukum kepada para pengacara," lanjutnya.

"Kenapa? masyarakat perlu tahu bahwa status sa ini PB (Pembebasan Bersyarat). Nah, pembebasan bersyarat tentu ada syarat-syarat yang tidak boleh saya langgar, sekurang-kurangnya ada tiga syarat. Ini syarat utama, syarat penting, kalau saya langgar pembebasan bersyarat dibatalkan dan saya harus ditahan lagi selama 1 tahun," bebernya.

Baca juga: Reuni 212 Selesai, Habib Rizieq Shihab dan Peserta Mulai Tinggalkan Masjid Agung At-Tin

Selanjutnya ia pun membeberkan isi percakapan saat itu dengan tim pengacaranya.

"Kawan-kawan yang lain ini gimana nih? Kalau betul-betul saya diundang gimana? Apa kita tolak? Apa kita boleh terima?," tanyanya.

Eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab di reuni 212 Masjid Agung At Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022)
Eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab di reuni 212 Masjid Agung At Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022) (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA)

Pertanyaan ini pun langsung dibalas oleh pengacaranya dan jawabannya menjadi alasan Rizieq Shihab hadir dalam Reuni 212 hari ini.

"Habib, secara hukum tidak ada masalah karena syarat PB itu Habib sudah dan sedang dikerjakan semua," sahut pengacaranya.

Baca artikel TribunJakarta.com lainnya di Google News

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved