Pemilu 2024

Partai Buruh Targetkan 106 Bacaleg untuk DPRD DKI Jakarta, Incar 10 Kursi di Kebon Sirih

Partai Buruh telah membuka pendaftaran untuk bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI dan DPRD Kabupaten/Kota.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Ilustrasi DPRD DKI Jakarta - Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak menginterupsi jalannya rapat paripurna penyampaian pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur pada Selasa (13/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM - Partai Buruh telah membuka pendaftaran untuk bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI dan DPRD Kabupaten/Kota.

Untuk bacaleg DPRD DKI Jakarta, Winarso selaku Ketua Executive Committee (Exco) Partai Buruh DKI Jakarta mengatakan pihaknya mengatakan partainya membuka lowongan untuk 106 bacaleg.

Hal itu sesuai dengan jumlah kursi di DPRD DKI Jakarta Saat ini.

"Sampai sejauh ini sudah sekitar 60 persen sudah terisi dari kader Partai Buruh," kata Winarso saat dihubungi, Rabu (18/1/2023).

Adapun untuk target Partai Buruh di DPRD DKI Jakarta pada Pemilu 2024 nanti yakni ada 10 kadernya yang duduk di legislatif DKI Jakarta di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

"Untuk DPRD DKI target 10 orang lolos," kata Winarso.

Baca juga: Partai Buruh Minta Waktu Kampanye Pemilu 2024 Diperpanjang: Tidak Memadai Bagi Parpol Baru

Selain pendaftaran bacaleg DPRD DKI Jakarta, Winarso menyebut antusiasme pendaftaran di Partai Buruh juga terjadi untuk tingkat DPR RI.

Dia mengklaim saat ini sudah hampir 50 persen bacaleg mendaftarkan diri untuk bertarung di DPR RI melalui Partai Buruh untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Untuk DPR RI dari 3 dapil di DKI sudah 50 persen terisi, dimana kita menargetkan dua kursi akan kita raih," ujar Winarso.

Proses Pendaftaran Bacaleg Partai Buruh

Winarso menjelaskan, proses seleksi bacaleg Partai Buruh dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama bacaleg melakukan pendaftaran secara online mengenai data diri melalui laman resmi partaiburuh.or.id

Kemudian untuk tahap kedua barulah dilakukan tes wawancara, baik secara fisik maupun secara online.

Jika telah dinyatakan lolos tes wawancara, maka bacaleg diminta menyerahkan dokumen pendaftaran sesuai yang ditetapkan KPU dan mematuhi aturan Partai Buruh.

Winarso menegaskan Partai Buruh sangat menolak keras praktik politik uang dalam proses bacaleg untuk Pemilu 2024 mendatang.

"Pendaftar yang terbukti memberikan uang kepada pengurus atau anggota Partai Buruh dalam proses pencalonan anggota akan ditolak proses pendaftarannya," kata Winarso

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved