5 Hal yang Bisa Membantumu Melewati Batu Ginjal

Bentuk batu ginjal berkembang saat zat tertentu, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, menjadi terkonsentrasi untuk membentuk kristal di ginjal.

5 Hal yang Bisa Membantumu Melewati Batu Ginjal
TribunJakarta/Ananda Bayu
5 Hal yang Bisa Membantumu Melewati Batu Ginjal 

TRIBUNJAKARTA.COM - Jika kamu pernah mengalami batu ginjal, kamu mungkin tidak akan menginginkannya lagi, dan kamu akan melakukan apapun untuk menghindarinya.

Dilansir dari health.harvard.edu,"Batu ginjal lebih sering terjadi pada pria daripada pada wanita, dan sekitar setengah dari orang-orang yang memilikinya, batu ginjal menyerang lagi dalam waktu 10 sampai 15 tahun tanpa tindakan pencegahan," kata Dr. Brian Eisner, co-director the Kidney Stone Program di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard.

Dari mana batu ginjal berasal?

Bentuk batu ginjal berkembang saat zat tertentu, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, menjadi terkonsentrasi untuk membentuk kristal di ginjalmu.

Kristal tumbuh lebih besar menjadi "batu."

Sekitar 80-85 persen batu ginjal terbuat dari kalsium.

Sisanya adalah batu asam urat, yang terbentuk pada orang dengan kadar pH urin rendah.

Setelah batu terbentuk di ginjal, itu bisa melepaskan dan menurunkan ureter, menghalangi aliran urine.

Hasilnya adalah jangka rasa sakit yang parah, termasuk nyeri panggul (nyeri di satu sisi tubuh antara perut dan punggung), terkadang dengan darah dalam urine, mual, dan muntah.

Saat batu-batu melewati ureter ke arah kandung kemih, mereka mungkin sering menyebabkan buang air kecil, tekanan kandung kemih, atau nyeri pada selangkangan.

Halaman
1234
Penulis: Ananda Bayu Sidarta
Editor: Ananda Bayu Sidarta
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved