PT KAI Luncurkan KA Pangandaran, Bandung-Banjar Tarifnya Rp 1, Gambir-Banjar Rp 110.000

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Api (KA) Pangandaran yang akan memiliki rute Jakarta-Bandung-Banjar dan sebaliknya

PT KAI Luncurkan KA Pangandaran, Bandung-Banjar Tarifnya Rp 1, Gambir-Banjar Rp 110.000
TRIBUNJAKARTA.COM/PEBBY ADE LIANA
Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro meninjau pelayanan Kereta Api Indonesia (KAI) menjelang natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Stasiun Senen, hari ini, Sabtu (22/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJAKARTA.COM, BANDUNG- PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Api (KA) Pangandaran yang akan memiliki rute Jakarta-Bandung-Banjar dan sebaliknya, Rabu (2/1/2019).

Pada masa promosi selama satu bulan sejak hari peluncuran, harga tiket kereta tersebut hanya Rp 110.000 untuk relasi Gambir-Banjar dan Rp 1 untuk relasi Bandung-Banjar serta rute sebaliknya.

Kapasitas KA Pangandaran ini 520 kursi. Kereta Api terdiri atas dua kelas, yakni eksekutif dan premium. Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.50 dan dari Stasiun Banjar pukul 13.55.

Tiket dapat dibeli mulai H-30 sebelum keberangkatan di KAI Access, website kai.id, contact center 121, loket stasiun, dan seluruh mitra penjualan tiket resmi KAI.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan KA Pangandaran akan melewati rute Jakarta-Bandung-Tasikmalaya-Banjar, dan sebaliknya.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro. (Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam)
Untuk menarik minat warga, Edi Sukmoro mengatakan pihaknya meluncurkan promosi seperti saat KA Galunggung rute Bandung-Tasikmalaya akhir tahun lalu.

"Kami akan meresmikan perjalanannya dan memberikan promo selama satu bulan seperti kemarin, KA Galunggung," kata Edi Sukmoro di Stasiun Bandung sebelum berangkat ke Stasiun Banjar untuk meresmikan peluncuran KA Pangandaran bersama Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Pangandaran, dan Wali Kota Banjar.

Edi Sukmoro mengatakan pihaknya membuka jalur baru ini karena kebutuhan masyarakat Jabar atas moda transportasi massal seperti kereta api terus meningkat pesat.

Pihaknya pun berupaya membantu moda transportasi yang sudah ada, bukannya bersaing dengan moda transportasi yang lebih dulu beroperasi.

PT KAI Siagakan Ribuan Personel Pengaman untuk Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru 2018/2019

Menhub: Hadapi Lonjakan Penumpang Libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Terjunkan KA Tambahan

Nenek 80 Tahun Asal Pangandaran Ini Rela Hujan-hujanan Tunggu Presiden Jokowi di Pamulang

Setelah masa promosi habis, katanya, kereta tersebut akan memiliki tarif sesuai peraturan mengenai taris batas atas (TWA) dan tarif batas bawah (TBW). Dengan demikian, kata Edi Sukmoro, pihaknya tidak akan menyalahi peraturan yang berlaku.

"Tapi kalau kami bisa berikan biaya yang sangat murah, kenapa tidak. Kami harus berikan itu supaya masyarakat Jabar bisa menikmati angkutan massal, karena sekarang itu (jalan raya) macet. Makanya kami harus bantu, bukan bersaing, supaya mereka bisa akses cepat," kata Edi Sukmoro.

Rute Banjar-Bandung-Jakarta, katanya, selain berpotensi sebagai angkutan orang, juga untuk angkutan barang. Dalam beberapa tahun ini, katanya, minat warga Jabar untuk menggunakan kereta api sangat meningkat tajam. (Muhamad Syarif Abdussalam)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul PT KAI Luncurkan KA Pangandaran, Bandung-Banjar Tiketnya Cuma Rp 1

Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved