10 Kecamatan di Bandung Berpotensi Ambles, Waspada Gempa Disusul Tanah Bergerak

Kasubid Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bapelitbang Kota Bandung, Andry Heru Santoso buka-bukaan soal dampak gempa bila terjadi di Bandung

10 Kecamatan di Bandung Berpotensi Ambles, Waspada Gempa Disusul Tanah Bergerak
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi di Perumnas Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10/2018). 

TRIBUNJAKARTA.COM, BANDUNG - Kasubid Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bapelitbang Kota Bandung, Andry Heru Santoso buka-bukaan soal dampak gempa bila terjadi di Bandung.

Ia menjelaskan, sepuluh kecamatan di Bandung berpotensi terkena gempa likuifaksi.

Imbasnya, sepuluh kecamatan tersebut bakal amblas dan hilang dari wilayah kota Bandung.

"Bencana ini adalah amblesnya bangunan yang berdiri di atas tanah berkontur pasir dan rawa sehingga ketika terjadi gempa, seluruh bangunan akan ambles ke bawah dan wilayahnya hilang," ujar Andry di Balai Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).

Menurutnya, sepuluh kecamatan itu adalah Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Astanaanyar, Regol, Lengkong, Kiaracondong, Bandung Kidul, dan Antapani.

Ia memastikan, informasi tersebut diberikan bukan untuk menakuti warga.

Andry mengatakan, informasi itu diberikan agar warga waspada terhadap bencana.

"Bencana tak ada yang tahu kapan terjadi namun semua pihak bisa meminimalisir korban bencana, baik korban jiwa ataupun materi," ujarnya.

Menurut, Andry salah satu mitigasi yang diwaspadai adalah pascagempa yakni likuifaksi atau tanah bergerak. Dimana dalam tanah mengeluarkan lumpur yang bisa membuat bangunan dan pohon ambles.

"Menghadapi gempa harus segera memikirkan jalur evakuasi ruang evakuasi. Harus segera upaya penyedia itu, supaya apabila terjadi bencana bisa kita minimalisir," tegasnya.

Halaman
1234
Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved