Kebakaran di Pabrik Plastik Dinaplast Cikarang, Diduga Ada Kesalahan Penanganan APAR Saat Api Muncul

saat kejadian kebakaran tersebut, terdapat sejumlah karyawan yang tengah bekerja. Api pertama mulai muncul di bagian belakangan gedung.

Kebakaran di Pabrik Plastik Dinaplast Cikarang, Diduga Ada Kesalahan Penanganan APAR Saat Api Muncul
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Pascakebakaran di pabrik plastik PT Dinasplast Kawasan Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG TIMUR - Kepala Seksi Penanggulangan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi Agus Candra mengatakan, kebakaran di pabrik plastik PT Dinasplast Kawasan Jababeka Cikarang, Kabupaten Bekasi diduga membesar akibat penanganan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang tidak tepat.

Agus menjelaskan, saat kejadian kebakaran tersebut, terdapat sejumlah karyawan yang tengah bekerja. Api pertama mulai muncul di bagian belakangan gedung.

Namun saat hendak dipadamkan menggunakan APAR, api justru tidak kunjung padam dan malah membesar.

"Ternyata APAR enggak mampu, atau salah menggunakannya kita enggak tahu jadi api makin besar. APAR kalau salah menggunakan bisa semakin besar dia apinya, sama kaya diminyakinlah. Kalau enggak tepat gunainnya makin ngegebus," kata Agus kepada TribunJakarta.com, Minggu (30/6/2019).

Kebakaran Susulan Sempat Terjadi di Pabrik Plastik Dinasplast Cikarang, Damkar Terus Disiagakan

Penanganan kebarakan di pabrik plastik itu juga dinilai telat, pihak pemadam kebakaran baru dikonfimasikan manakala api telah membesar dan merambat ke material bahan plastik yang mudah terbakar.

"Tadinya dia tangani pakai apar, nah ternyata apar gak mampu Hydrant dia enggak ada, akhirnya ya pemadam yang dipanggil jadi istilahnya kebakaran sudah 50 persen kita baru di bel (dikabarin)," jelas dia.

Sebanyak 12 mobil pemadam kebaran langsung diterjunkan. Dinas Damkar juga mendapat bantuan dari mobil pemadam dari beberapa perusahaan di Kawasan Jababeka.

"Ketika kita tiba udah ada beberapa mobil pemadam dari lokasi terdekat di Kawasan," ujarnya.

Agus mejelaskan, kebakaran yang terjadi pada Sabtu siang kemarin itu baru benar-benar berhasil dipadamkam hingga larut malam.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved