Pilkada Kota Tangsel

Alasan Pengamat Nilai Pilkada Tangsel Ibarat Pertarungan Klan Perguruan Pencak Silat

Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 ibarat pertarungan antar klan perguruan pencak silat.

Alasan Pengamat Nilai Pilkada Tangsel Ibarat Pertarungan Klan Perguruan Pencak Silat
YouTube/Metro Tv
Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, JaisyRahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Pengamat sekaligus dosen Ilmu Politik di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, mengibaratkan Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 sebagai pertarungan antar klan perguruan pencak silat.

Klan yang dimaksud adalah semacam kekuatan politik yang menyandang nama besar keluarga.

"Jadi politik kita itu kan mirip perguruan persilatan. Ada klan-klan politik yang menjadi pertimbangan. Ini ada klannya Atut, nanti ada klannya Ma'ruf Amin, ada klannya Sandiaga Uno. Ya tergantung nanti keseriusan mereka. Jangan-jangan hanya gosip politik saja, tapi mereka enggak serius," ujar Adi saat dihubungi TribunJakarta.com, Senin (5/8/2019).

Adi menyebut Airin Rachmi Diany yang saat ini menjabat wali kota Tangsel sebagai salah satu figur klan mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Selain itu, untuk Pilkada 2020, nama seperti caleg dewan pimpinan daerah (DPD) terpilih Andiara Aprilia Hikmat, dan Ade Rossi Chaerunnisa muncul ke permukaan.

Andiara putri ke dua Atut, sedangkan Ade Rossi adalah mantu dari Atut. Kedua nama itu santer diberitakan maju dalam kontestasi perebutan kursi eksekutif di Tangsel.

"Poros kekuatan lama tentu, keluarga politik dinastinya Bu Airin, itu pasti mengusul salah satu calonnya, kan sudah banyak tuh nama-nama yang berpotensi maju dari keluarganya Bu Airin, ada Andiara Hikmat lah, atau istrinya Andika Hazrumi, Aderossi dan seterusnya. Itu satu poros yang suka enggak suka masih kuat," paparnya.

Selain klan Atut, ada juga klan baru dengan modal kekuatan politik yang cukup besar.

Adi menyebut, masuknya nama Nur Asia Uno, mrupakan bagian dari klan kekuatan politik suaminya, Sandiaga Uno.

Halaman
1234
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved