Pengakuan Penumpang Selundupkan 35 Burung Dalam Speaker, Ditangkap di Malaysia untuk Dipelihara

"Ini dikasih tahu teman pakai cara ini untuk bawa burung kemarin. Kita enggak tahu juga kalau enggak tahan dan mati gini," aku A dalam logat melayunya

Pengakuan Penumpang Selundupkan 35 Burung Dalam Speaker, Ditangkap di Malaysia untuk Dipelihara
TribunJakarta/Ega Alfreda
A (32) penumpang yang menyelundupkan 35 burung dari Malaysia bersama temannya H (33) di dalam empat buah speaker, Senin (23/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - A (32) dan H (33) terciduk menyelundupkan 35 burung hidup yang disembunyikan di dalam 4 buah speaker dari Malaysia menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Keduanya tertangkap Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 3 sekira pukul 14.30 WIB hari Senin (23/9/2019).

Saat bawang bawaannya diperiksa melalui mesin Xray, keduanya ketahuan membawa 35 burung berbagai jenis yang di simpan di dalam speaker.

Menurut A (32) dia bersama temannya H (33) menangkap puluhan burung tersebut di Malaysia lantara mereka adalah TKI asal Nusa Tenggara Barat.

"Sengaja memang kami tangkap sendiri dari Malaysia, mau di bawa ke Jakarta untuk dipelihara," ungkap A di kantor Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta.

Ia mengaku, tujuan akhir dari penerbangan mereka yang menggunakan Maskapai Garuda Indonesia tersebut adalah lombok di mana mereka akan memelihara puluhan burung itu.

Namun, tindakan mereka berhasil ditegah saat transit di Bandara Soekarno-Hatta.

"Ini dikasih tahu teman pakai cara ini untuk bawa burung kemari. Kita enggak tahu juga kalau enggak tahan dan mati gini," aku A dalam logat melayunya.

Sebab, begitu dua kardus besar berisi speaker itu dibuka, sebagian besar burung sudah dalam keadaan mati.

Saat dihitung hanya enam burung berhasil selamat dari kurungan kandang kecil berbentuk oval ditutup kaus kaki yang selanjutnya dimasukan ke dalam speaker.

Sementara 29 sisanya ditemukan dalam kondisi mati.

Cegah Juru Parkir Liar, Pengelola Pasar Jatinegara Kerahkan Petugas Resmi

Jika Tak Daftarkan BPJS Ketenagakerjaan, Perusahaan Vendor di Jakarta Timur Dicabut Izin Usahanya

Cetak Gol ke Gawang Barito Putera, Heri Susanto Ingin Bawa Persija Jakarta Keluar dari Degradasi

35 burung tersebut terdiri dari berbagai jenis yakni burung Murai, Kacer, Jalak, dan Perkutut.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Patroli dan Operasi 1 Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Anton mengatakan penyelundupam terkuak setelah petugas melakukan scanning terhadap barang bawaan A dan H.

"Mereka datang kemudian petugas mencurigai mereka, lalu digiring ke mesin xray. Ketika di xray terlihat ada gambar aneh tidak seperti biasanya. Ternyata dibuka speaker itu diisi burung-burung," kata Anton.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved