Formula E

Pemerintah Pusat Larang Pergelaran Formula E di Monas, Anies Baswedan Lapor FIA

Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka melarang penggunaan Monas untuk pergelaran Formula E.

Istimewa/Facebook Anies Baswedan
Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E pada 2020 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka melarang penggunaan Monas untuk pergelaran Formula E.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama mewakili Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Ketua Komisi Pengarah.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat Komrah (Komisi Pengarah), bahwa Komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas dengan banyak pertimbangan. Di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan dan lain-lain," ujar Setya di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Dilansir dari Kompas.com, Setya mengatakan, pergelaran Formula E diizinkan jika berlangsung di kawasan di luar Monas sehingga tak mengganggu cagar budaya.

Namun, untuk saat ini, Komisi Pengarah belum membahas pelaksanaan Formula E di kawasan Jalan Medan Merdeka.

"Diizinkan tapi di luar kawasan Monas. Secara tertulis belum (diputuskan), kan baru selesai dibicarakan sore ini (revitalisasi Monas)," kata Setya Utama.

Anies panggil FIA ke Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan ajang balap Formula E tetap akan dilangsungkan di ibu kota pada Juni 2020 mendatang.

Terkait dengan larangan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk menggunakan kawasan Monas sebagai lintasan balap, Anies mengatakan, pihaknya kini tengah mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Guna merancang lintasan balap atau sirkuit baru, Anies pun langsung memanggil FIA, selaku pencetus Formula E.

Adapun tujuan dari pemanggilan tim khusus dari FIA yang bermarkas di Jenewa, Swiss ini ialah untuk membantu Pemprov DKI Jakarta merancang lintasan balap baru.

"Sore ini tim mereka sudah dalam perjalanan ke Jakarta untuk menentukan lokasi baru," ucapnya, kamis (6/2/2020).

Begitu tim dari FIA tiba, Anies menyebut, tim ini akan langsung bekerja meninjau sejumlah lokasi bersama jajaran Pemprov DKI.

"Begitu mereka mendarat, kemudian akan langsung melihat beberapa tempat bersama dengan tim dari Bina Marga, tim dari JakPro, dan eksekutif komite," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved