Breaking News:

Kasus Korupsi

Wahyu Setiawan Habiskan Rp 40 Juta untuk Karaokean dengan Kader PDI Perjuangan Sebelum Ditangkap KPK

Hal itu diungkap Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2013-2018 yang kini menjadi kader PDIP, Agustiani Tio Fridelina

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Komisioner KPU Wahyu Setiawan usai menjalani pemeriksaan yang selanjutnya akan menjalani sidang pelanggaran kode etik oleh DKPP di gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/1/2020). Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Rumah tahanan KPK setelah tersangkut kasus penerimaan suap terkait penetapan pergantian antar waktu anggota DPR RI. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sebelum terjaring pihak komisi anti rasuah, komisioner KPU Pusat periode 2017-2022 Wahyu Setiawan diduga sempat menikmati karaokean bersama dengan anggota PDI Perjuangan, Saeful Bahri, kuasa hukum PDIP Donny Istiqomah serta Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi PDIP Arief Wibowo.

Hal itu diungkap Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2013-2018 yang kini menjadi kader PDIP, Agustiani Tio Fridelina di sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Agustiani memberikan keterangan sebagai saksi kasus suap pengurusan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 dari fraksi PDI P, yang sidangnya digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada Rabu 8 Januari 2020 siang.

Jaksa Penuntut Umum KPK Ronal Worotikan, menanyakan kepada Agustiani terkait komunikasi antara dirinya dengan Wahyu Setiawan.

"Pak Wahyu bilang bahwa dia habis karaoke dengan Donny, Pak Arief Wibowo, Pak Saeful. Pokoknya uang habis banyak. Katanya biayanya sampai Rp 40 juta," ungkap Agustiani.

Merujuk pada surat dakwaan atas nama Saeful Bahri, pada tanggal 8 Januari 2020, Wahyu Setiawan menghubungi Agustiani Tio Fridelina agar mentrasfer sebagian uang yang diterima dari Saeful Bahri sejumlah Rp 50 juta.

Wali Kota Tangerang Ajak Warganya Tetap di Rumah saat Libur Panjang Akhir Pekan

Imbas Corona, Penurunan Penumpang di Terminal Kampung Rambutan Capai 80 Persen

Namun sebelum Agustiani mentransfer uang tersebut, Agustiani dan Wahyu sudah diamankan petugas KPK dengan menyita uang sejumlah SGD 38,3 ribu dari Agustiani.

Sementara itu, Wahyu Setiawan membenarkan meminta uang senilai Rp 50 juta pada 8 Januari 2020. Menurut dia, uang itu untuk menggantikan uang makan-makan dan pertemuan dengan Saeful, Donny dan Arief Wibowo.

"Uang itu untuk memfasilitasi pertemuan dengan Donny, Saiful, Arief Wibowo dan Slamet, teman saya dari Semarang. Saya tidak ingat lokasinya karena lokasi pertemuan dipandu oleh Donny," tambah Wahyu.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved