Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di Bogor

Warga Binaan Lapas Kelas II A Cibinong Buat APD Disumbangkan ke Puskesmas: Kami Belajar dari Youtube

Warga binaan Lapas Kelas II A Cibinong Kabupaten Bogor berbuat hal yang berbeda.

Penulis: Suharno | Editor: Rr Dewi Kartika H
KOMPAS.COM/AFDAHLUL IKSAN
Kabar baik, warga binaan Lapas Klas II A Cibinong Kabupaten Bogor membuat Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield atau pelindung wajah yang disumbangkan ke tenaga medis. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Saat sejumlah mantan narapidana yang bebas karena asimilasi corona kembali ditangkap usai berbuat kejahatan lagi, warga binaan Lapas Kelas II A Cibinong Kabupaten Bogor berbuat hal yang berbeda.

Warga binaan Lapas Kelas II A Cibinong memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield atau pelindung wajah secara mandiri.

Mereka mendapat arahan dari tim medis Lapas dan belajar dari YouTube untuk membuat face shield di tengah kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD).

Hasil produksi itu nantinya akan didonasikan kepada semua tenaga kesehatan yang sangat membutuhkan.

Tim kesehatan Lapas menargetkan bisa memproduksi sedikitnya 2.000 face shield untuk didonasikan ke 111 puskesmas selain rumah sakit daerah.

 Selama PSBB, Pemkab Tangerang Akan Melakukan Rapid Test Masif di 10 Kecamatan Zona Merah

Tim kesehatan Lapas Cibinong drg Zukhraini Khadija mengatakan, kegiatan yang melibatkan warga binaan itu dilakukan mengingat sulitnya mendapatkan APD bagi tenaga kesehatan yang sedang berjuang melawan wabah Covid-19.

Warga binaan pun tergerak untuk memberi manfaat sambil belajar otodidak dari tutorial video YouTube sesuai arahan tim medis Lapas.

Tak butuh waktu lama, face shield tersebut berhasil dibuat dengan modal pembelian bahan baku yang diambil dari penggalangan dana pegawai Lapas dan donatur lain.

"Jadi emang awalnya karena APD langka di mana-mana, terus ada tutorial YouTube cara pembuatan face shield sendiri gitu kan. Akhirnya tim medis Lapas ajak warga binaan untuk membuat dan dibagikan ke faskes, terutama puskesmas karena sedikit sekali APD," ujar Zukhraini dilansir dari Kompas.com, Minggu (19/4/2020) malam.

 Griya Anabatic Kabupaten Tangerang Mulai Dimasuki Pasien Covid-19 Secara Bertahap

Selain itu, para warga binaan juga memproduksi perlengkapan penunjang lainnya, seperti masker kain.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved