Breaking News:

Diberlakukan Istimewa, Bakal Ada Jalur Khusus Pekerja Migran di Bandara Soekarno-Hatta

Menurut Awaluddin, nantinya jalur khusus PMI tersebut akan disediakan sejak mereka turun dari pesawat terbang

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Ega Alfreda
Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dan Kepala BP2MI Benny Ramdani menandatangani nota kesepahaman di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (4/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) diperlakukan istimewa selayaknya tamu VVIP negara di Bandara Soekarno-Hatta.

Sebab, mulai hari ini, Jumat (4/9/2020) kedatangan dan keberangkatan mereka di bandara yang berada di naungan PT Angkasa Pura II termasuk Bandara Soekarno-Hatta akan melewati jalur khusus.

Langkah ini dilakukan setelah adanya penandatanganan nota kesepahaman alias MoU antara PT Angkasa Pura II dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

"Kesepahaman yang ditandatangani hari ini, ada beberapa hal. Seperti kami operator bandara menyediakan line atau jalur khusus untuk pekerja migran Indonesia baik untuk keberangkatan ataupun kedatangan," kata Direktur Utama PT. Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Menurut Awaluddin, nantinya jalur khusus PMI tersebut akan disediakan sejak mereka turun dari pesawat terbang.

Lalu jalur akan diarahkan langsung ke dalam terminal kedatangan untuk mengurus segala pemberkasan.

Begitu juga sebaliknya, jalur khusus berlaku bagi pekerja migran Indonesia yang bakal mengurus berkas di posko Migrasi, Bea dan Cukai, hingga di posko Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta.

Awaluddin melanjutkan, dari MoU tersebut juga disediakan fasilitas lain seperti help desk atau pusat informasi, lounge atau fasilitas transit.

Kemudian ada ruang pameran untuk para mantan pekerja imigan Indonesia yang sudah sukses beriwarausaha, terakhir Angkasa Pura II juga menyediakan digital media untuk penyampaian pesan yang ada di setiap terminal di bandara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved