Breaking News:

Minum Kopi Berlebihan Bisa Picu Heartburn Hingga Denyut Jantung Kencang, Begini Solusinya

Bagi kamu penikmat kopi, meminum kopi berlebih bisa memicu heartburn hingga denyut jantung kencang. Ini solusinya

freepik via Tribunnews.com
Ilustrasi Kopi. Bagi kamu penikmat kopi, meminum kopi berlebih bisa memicu heartburn hingga denyut jantung kencang. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Bagi kamu penikmat kopi, meminum kopi berlebih bisa memicu heartburn hingga denyut jantung kencang.

Efek samping yang menimbulkan rasa tidak nyaman itu dikarenakan seringnya kami minum-minuman berkafein dengan jumlah cukup banyak.

Meskipun minum-minuman berkafein seperti kopi, teh dan soda bisa membuat segar dan membantu kita untuk lebih fokus.

Sebuah pedoman baru yang direkomendasikan melalui surat penelitian yang diterbitkan JAMA Internal Medicine menyarankan perubahan gaya hidup untuk menurunkan risiko gastroesophageal reflux ( GERD).

Surat tersebut juga merekomendasikan konsumsi kopi, teh atau soda tidak lebih dari dua cangkir per hari, serta menggantinya dengan minum air putih.

"Kami menemukan bahwa mengganti dua cangkir kopi, teh atau soda dengan dua cangkir air per harinya berkaitan dengan sedikit penurunan risiko gejala GERD." Demikian diungkapkan oleh penulis utama surat penelitian sekaligus peserta pendidikan dokter subspesialis gastroenterologi dari Massachusetts General Hospital (MGH) dan Harvard Meical School, Raaj S. Mehta, MD, kepada Eat This, Not That!

Diketahui, GERD adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, saluran yang menghubungkan tenggorokan ke perut.

Adapun beberapa gejala utama GERD antara lain refluks asam dan heartburn.

Meski beberapa penelitian menemukan kafein sebagai pemicu refluks asam dan heartburn, namun ada pula penelitian yang menemukan bahwa minum kopi itu sendiri bukanlah pemicu gejala refluks melainkan senyawa lain yang ditemukan dalam kopi.

Meskipun penelitian memberikan beragam kesimpulan, namun membatasi asupan kopi harian dapat menjadi solusi untuk mencegah refluks asam dan heartburn.

Halaman
123
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved