WASPADA Jika Tidak Punya SIM, Tilang Elektronik yang Diterapkan 23 Maret Bisa Pantau Pengemudi

Waspada bagi kalian yang tidak punya SIM ( Surat Izin Mengemudi) karena bisa terpantau di tilang elektronik atau Electronic Law Traffic Enforcement.

Editor: Suharno
Tribunnews
Surat Izin Mengemudi. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Waspada bagi kalian yang tidak punya SIM ( Surat Izin Mengemudi) karena bisa terpantau di tilang elektronik.

Hal ini karena kamera tilang elektronik atau Electronic Law Traffic Enforcement (ETLE) bisa memantau pengendara motor maupun mobil dan mengetahui jika pengendara tidak punya SIM.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bakal menerapkan Electronic Law Traffic Enforcement (ETLE) atau tilang elekronik bagi pelanggar lalu lintas mulai Selasa (23/3/2021).

Penerapan sistem ETLE akan dimulai secara nasional di 11 kepolisian daerah (Polda). Satu di antaranya adalah Polda Jatim.

Sejatinya sistem ini telah diinisiasi Polri sejak 2018 silam.

Kini ETLE menjadi salah satu program unggulan Polri dan penerapannya ditingkatkan pada 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dilantik Januari lalu.

Direktur Lalu Lintas Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol M Latif Usman memastikan, Jatim siap menjadi satu di antara 11 polda di Indonesia yang menerapkan ETLE.

Sedikitnya ada empat polres dan polrestabes yang telah memiliki infrastruktur ETLE.

TONTON JUGA:

Di antaranya Road Traffic Management Center (RTMC) dan perangkat kamera berkualitas tinggi yang sudah terpasang di ruas jalan kawasan yuridis masing-masing.

Rinciannya, 39 titik di kawasan Polrestabes Surabaya, empat titik di Polres Madiun Kota, lima titik di Polres Gresik, dan dua titik di Polres Lamongan.

Baca juga: Hakim Tunggal Suharno: Gugatan Praperadilan Rizieq Shihab Gugur

Total sudah ada 50 kamera ETLE bersifat statis yang tersebar di sejumlah ruas jalan.

"ETLE ini untuk mengawasi titik-titik yang sudah ditentukan. Sifatnya statis. Inilah yang akan merekam di tempat tersebut," kata Kombes Pol M Latif Usman, Jumat (13/3/2021).

Latif mengungkapkan, pihaknya tidak ingin perilaku kedisiplinan berkendara masyarakat hanya saat melintas di 50 ruas jalan yang terpasang ETLE statis tersebut, karena perasaan takut bakal direkam lalu dikenai sanksi tilang.

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved