Breaking News:

Munarman Ditangkap Densus 88

UIN Jakarta Buka Suara soal Pembaiatan yang Dikaitkan dengan Penangkapan Munarman

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, buka suara terkait pernyataan Mabes Polri tentang penangkapan eks Petinggi FPI

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Fasad Rektorat UIN Jakarta, Ciputat, Tangsel, Rabu (28/4/2021). UIN Jakarta Buka Suara soal Pembaiatan yang Dikaitkan dengan Penangkapan Munarman 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, buka suara terkait pernyataan Mabes Polri tentang penangkapan eks Petinggi Front Pembela Islam, Munarman.

Seperti diberitakan TribunJakarta.com sebelumnya, Kabagpenum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, mengaitkan penangkapan Munarman dengan pembaiatan di UIN Jakarta.

"Jadi (penangkapan) terkait dengan kasus baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan, jadi ada tiga hal tersebut," kata Ramadan, Selasa (27/4/2021).

Namun, pembaiatan apa yang dimaksud dan sejauh apa keterlibatan Munarman, Polri juga belum memberika keterangan lebih lanjut.

Sementara, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta, Arief Subhan, menduga kasus tentang pembaiatan di lingkungan UIN Jakarta yang dikaitkan dengan Munarman adalah terjadi pada tahun 2014 lalu.

"Ini kan peristiwanya begini kalau dikaitkan dengan UIN Jakarta itu saya menduga itu dikaitkan dengan peristiwa soal baiat itu. Nah itu kan kejadian sudah lama sebenarnya, itu kejadian tahun 2014," ujar Arief saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (28/4/2021).

Arief mengatakan, pada 2014 silam itu ada dua fasilitas UIN Jakarta, yakni Masjid Fathullah dan Wisma Syahida yang digunakan tanpa sepengetahuan pengurus ataupun rektorat untuk kegiatan pembaiatan.

"Itu kalau di googling kejadian tahun 2014 di mana ada penggunaan fasilitas di lingkungan kampus kita, kemudian dipakai secara tidak sepengetahuan kita gitu untuk apa yang disebut sebagai baiat," ujarnya.

Arief sendiri tidak mengetahui keterlibatan Munarman pada kasus baiat 2014 itu, dan baiat organisasi apa yang digelar saat itu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved