PPDB DKI Jakarta Tahap Kedua Dibuka Juli Karena Calon Siswa Tak Lapor Diri dan Banyak Bangku Kosong

PPDB DKI Jakarta tahap dua bakal dibuka Dinas Pendidikan DKI tanggal 5-7 Juli 2021 bakal banyak CPBD yang tidak lapor diri dan buat bangku kosong.

Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH
Suasana di posko pelayanan PPDB Sudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur. Orang tua siswa masih alami sejumlah kendala di hari terakhir pendaftaran, Jumat (11/6/2021) 

TRIBUNJAKARTA.COM - Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB DKI Jakarta tahap dua bakal dibuka Dinas Pendidikan DKI tanggal 5-7 Juli 2021.

Untuk PPDB DKI Jakarta tahap kedua dibuka karena banyak calon peserta didik baru (CPDB) yang lolos PPDB tetapi tidak lapor diri.

Banyaknya CPBD yang lolos seleksi PPDB DKI Jakarta namun tidak lapor diri membuat banyak bangku kosong yang belum terisi.

"Nantinya, bangku kosong dari calon peserta didik baru yang tidak melaporkan diri akan menambah kuota untuk tahap kedua," ujar Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja saat ditemui di Posko PPDB Disdik DKI Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Cara Cek Hasil Seleksi PPDB DKI Jakarta 2021 Jalur Afirmasi, Diumumkan Rabu Sore Ini

Berdasarkan ketentuan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 32 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis PPDB, PPDB tahap dua dilakukan apabila terdapat sisa kuota dari jalur pendaftaran sebelumnya.

Taga menjelaskan, pada PPDB tahap pertama jalur prestasi untuk jenjang sekolah menengah dan jalur afirmasi inklusi untuk jenjang SD yang dilaksanakan pada 7-11 Juni 2021, ada 787 CPBD yang tidak lapor diri.

Selain itu, ada 78 bangku yang tidak terisi CPDB pada PPDB tahap pertama jalur prestasi untuk jenjang sekolah menengah, sedangkan untuk jenjang SD jalur afirmasi inklusi masih tersisa 5.596 bangku yang tidak terisi.

Jumlah bangku kosong akan kembali bertambah dan menjadi kuota untuk PPDB tahap dua jika banyak calon siswa lolos PPDB jalur lainnya tetapi tidak lapor diri.

Baca juga: Simak Jadwal, Syarat & Tahapan PPDB DKI Jakarta 2021 Jalur Afirmasi Tingkat SMP dan SMA/SMK

Adapun PPDB DKI Jakarta tahap pertama akan berakhir pada 2 Juli 2021.

Cara cek hasil PPDB DKI Jakarta dan lapor diri

Simak cara melihat hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB DKI Jakarta 2021 jalur afirmasi akan diumumkan pada Rabu (16/6/2021) sore.

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB DKI Jakarta 2021 jalur afirmasi ini sudah dibuka sejak Senin (14/6/2021).

Pengumuman hasil seleksi PPDB DKI Jakarta 2021 jalur afirmasi ini bisa diakses mulai pukul 17.00 WIB.

Jalur afirmasi yang diumumkan sore ini untuk jenjang SD tahap dua, SMP dan SMA/SMK.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved