Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Tempat Isolasi Sementara PMKS Dipindah dari GOR Ciracas ke GOR KDW

Sudinsos Jaktim bakal mengalihkan tempat isolasi penyandang masalah kesejahteraan (PMKS) dari GOR Ciracas ke GOR Kelapa Dua Wetan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
Dok Sudin Sosial Jakarta Timur
Suasana PMKS di GOR Ciracas, Jakarta Timur - Sudinsos Jaktim bakal mengalihkan tempat isolasi penyandang masalah kesejahteraan (PMKS) dari GOR Ciracas ke GOR Kelapa Dua Wetan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Sudin Sosial Jakarta Timur bakal mengalihkan tempat isolasi sementara Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dari Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas ke GOR Kalaoa Dua Wetan.

Kasi Perlindungan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Sudin Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam mengatakan pengalihan dilakukan karena GOR Ciracas akan dijadikan lokasi vaksinasi massal Covid-19.

"Jadi nanti PMKS yang dijangkau petugas P3S (Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial) tidak lagi dibawa ke GOR Ciracas, tapi ke GOR KDW," kata Abdul saat dikonfirmasi di Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (20/6/2021).

PMKS yang memiliki keluarga dan tempat tinggal bakal dipulangkan kembali, sementara yang tidak dikirim ke panti sosial untuk mendapat penanganan lebih lanjut dan pembinaan.

Fungsi GOR sebagai tempat isolasi sementara ini guna memastikan PMKS yang dikirim ke panti sosial tidak terpapar Covid-19 sehingga tidak justru menulari penghuni panti lain.

Suasana PMKS di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (9/5/2020).
Suasana PMKS di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (9/5/2020). (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

"Jadi sebelum dibawa ke panti di GOR itu dilakukan swab tes PCR lebih dulu oleh it medis, kalau hasilnya negatif baru dibawa ke panti. Karena sekarang situasinya pandemi jadi diisolasi sementara di GOR," ujarnya.

Abdul menuturkan sejak  bulan April tahun 2020 awal pandemi Covid-19 melanda GOR Ciracas dijadikan tempat isolasi sementara bagi PMKS hasil penjangkauan P3S di 10 Kecamatan Jakarta Timur.

Baca juga: Aparat Gabungan Geruduk Tori Bar Cilandak: Pengunjung Masih Banyak, Satpam Sempat Kecoh Petugas

Baca juga: Reaksi Tak Biasa Riko Simanjuntak saat Berjumpa Pelatih Persija Angelo Alessio: Terkejut Batin Awak

Baca juga: Tori Bar Disegel 3 Hari karena Langgar Prokes, Camat Cilandak Peringatkan Ini kepada Pengelola Bar

Prosedur ini beda dengan sebelum pandemi Covid-19 melanda, di mana setelah dijangkau petugas P3S para PMKS yang tidak memiliki keluarga dan tempat tinggal langsung dibawa ke panti sosial.

"Dikhawatirkan mereka terjangkit Covid-19, kalau ternyata kena terus dibawa ke panti kan satu panti itu bisa kena Covid-19 semua. Selama isolasi sementara ini kita siapkan makanan dan minuman siap saji untuk mereka," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved