Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

RS di DKI Nyari Kolaps Diterpa Badai Covid-19, Anies: Ini Nyata, Kita Dalam Posisi Sangat Beresiko

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui, rumah sakit di ibu kota nyaris kolaps imbas badai Covid-19 yang melanda beberapa pekan terakhir.

TRIBUNJAKARTA.COM/DIONSIUS ARYA BIMA SUCI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan sidak protokol kesehatan di sejumlah restoran di kafe di kawasan Kemang dan Senopati, Jakarta Selatan Sabtu (19/6/2021) dini hari tadi. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui, Rumah Sakit di ibu kota nyaris kolaps imbas badai Covid-19 yang melanda beberapa pekan terakhir.

Dalam video yang diunggah di kanal youtube Pemprov DKI, Anies memaparkan, keterisian tempat tidur isolasi mencapai angka 92 persen dan ruang ICU 94 persen.

Artinya, hanya tersisa 8 persen ruang isolasi dan 6 persen ruang ICU bagi pasien Covid-19 di DKI Jakarta.

Padahal, sudah mendapat rumah sakit rujukan Covid-19 dari 106 menjadi 140 Rumah Sakit pada 17 Juni 2021 lalu.

“Bila hari-hari itu DKI tidak menambah jumlah tempat tidur, saat ini kita sudah kolaps. Saat ini warga sudah tidak dapat tempat,” ucapnya dalam video itu, Sabtu (3/7/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerapkan jam malam. Keterangan tersebut disampaikan Anies saat apel gelar pasukan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerapkan jam malam. Keterangan tersebut disampaikan Anies saat apel gelar pasukan pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat. (TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci)

Sekarang pun, pasien Covid-19 sulit mendapatkan tempat hingga harus mengantre bila ingin masuk ruang ICU.

Sejumlah Rumah Sakit bahkan terpaksa mendirikan tenda darurat dan merawat pasiennya di selasar atau halaman Rumah Sakit.

Baca juga: Anies Siapkan Skenario Terburuk, DKI Diprediksi Tembus 100.000 Kasus Aktif: Stadion Jadi RS Darurat

Kondisi seperti ini, kata Anies, merupakan yang terparah sepanjang pandemi Covid-19 yang sudah melanda ibu kota sejak 2020 lalu.

“Situasi yang sedang dihadapi ini nyata. Belum pernah sepanjang masa pandemi, kapasitas tempat tidur kita selalu di atas dibandingkan jumlah pasien,” ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved