Indonesia Berjaya di International Olympiad in Informatics, Pikatan Arya Berhasil Raih Medali Emas

International Olympiad in Informatics (IOI) merupakan kompetisi sains tertinggi di bidang informatika yang diselenggarakan setiap tahun

Indonesia Berjaya di International Olympiad in Informatics, Pikatan Arya Berhasil Raih Medali Emas
Istimewa
Pikatan Arya Bramajati, siswa SMA Semesta Semarang menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil menyabet medali emas di IOI 2021.

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pikatan Arya Bramajati, siswa SMA Semesta Semarang menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil menyabet medali emas di IOI 2021.

Perolehan medali emas oleh Pikatan di IOI 2021 ini sekaligus menjadikan sekolah unggulan di Jawa Tengah ini meraih hattrick medali emas selama 3 tahun berturut di kompetisi internasional ini.

“Saingan terberatnya dari China, Belarus, Hong Kong, juga Singapura,” kata Pikatan dalam konferensi pers secara daring, Kamis (8/7/2021).

Meskipun berada pada suasana pandemi, menurutnya tidak boleh berhenti menorehkan prestasi pada ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2021.

“Kita harus tetap semangat, pantang menyerah. Semua pasti bisa berprestasi asal tetap berpikir positif dan mau belajar keras,” ujarnya.

International Olympiad in Informatics (IOI) merupakan kompetisi sains tertinggi di bidang informatika yang diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun ini, 355 peserta bergabung dalam IOI ke-33 dari berbagai negara dengan Singapura menjadi tuan rumahnya.

Ada empat siswa Semesta yang berhasil meraih empat medali di ajang bergengsi yang dilakukan secara daring pada tanggal 19-25 Juni 2021.

Khusus SMA Semesta, secara total telah mengumpulkan sebanyak 5 medali yaitu 3 kali medali emas, 1 kali medali perak, dan 1 kali medali perunggu dalam Olimpiade Informatika Internasional.

Sementara itu Ketua Umum Panitia Penyelenggara IOI Tahun 2022, Rizal Alfian menyampaikan pada tahun 2022 Indonesia akan menjadi tuan rumah pagelaran IOI ke-34 yang bertempat di Provinsi D.I. Yogyakarta.

“Alhamdulillah tahun depan kita juga siap dan mencoba berusaha untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Informatika Internasional (IOI) yang akan diselenggarakan di Indonesia,” tutur Rizal Alfian.

Baca juga: Catat! Formasi dan Kualifikasi Pendidikan CPNS Kementerian ESDM 2021 Plus Jadwal Pendaftaran

Baca juga: Seleksi Beasiswa Unggulan 2021 Program S1-S3 Dibuka hingga Agustus, Ini Syarat Bagi yang Mau Daftar

Baca juga: Masih Ada Waktu untuk Ikutan, Yuk Daftar Beasiswa DataPrint 2021 untuk Pelajar SMP, SMA & Mahasiswa

Melalui ajang IOI ke-34 tahun 2022, Indonesia akan menghadirkan kesan kenyamanan dan kepuasan para peserta dalam berlomba.

 

“Meraih prestasi emas, menyebarkan demam computational thinking dan programming di Indonesia, mengukuhkan kekuatan digital creative Indonesia, dan turut mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia,” tuturnya.

Sekolah Semesta Semarang merupakan sekolah yang sarat dengan prestasi ini memiliki program pelatihan olimpiade yang rutin diadakan setiap bulan. Bekerjasama dengan lembaga pendidikan Eduversal Sekolah Semesta mengundang para profesional, guru, dan juga alumni Juara KSN untuk membimbing para siswa tim olimpiade Sekolah Semesta.

Prestasi internasional berhasil diraih sekolah Semesta untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional seperti di bidang biologi (IBO), kimia (IChO), Astronomi (IOAA), Matematika (IMO), Geografi (iGeo) dan prestasi di bidang lainnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved