Breaking News:

Takut Swab Test Hingga Kesulitan Cari Saksi, 64 Calon Pengantin di Probolinggo Pilih Tunda Nikah

Tantangan berat harus dihadapi para calon pengantin (catin) yang akan menikah di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur di masa PPKM Darurat ini.

Editor: Elga H Putra
TribunnewsBogor.com
Ilustrasi Menikah. Tantangan berat harus dihadapi para calon pengantin (catin) yang akan menikah di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur di masa PPKM Darurat ini. 

TRIBUNJAKARTA.COM, PROBOLINGGO - Tantangan berat harus dihadapi para calon pengantin (catin) yang akan menikah di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur di masa PPKM Darurat ini.

Pasalnya, ada persyaratan utama yang harus mereka lakukan sebelum pihak Kantor Urusan Agama (KUA) mengizinkan mereka untuk melaksanakan akad nikah.

Terutama tentang persyaratan adanya swab test satu hari jelang akad nikah.

Tak hanya bagi calon pengantin, swab test juga diberlakukan bagi wali nikah dan kedua saksi.

Alhasil, hingga saat ini di masa PPKM Darurat, sudah ada 64 calon pengantin yang memilih menunda pernikahannya di Probolinggo.

Aturan tentang keharusan menjalani swab test bagi pasangan yang akan menikah merujuk pada Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI Nomor: P-001/DJ.III/Hk.007/07/2021 tentang Petunjuk Teknis Layanan Nikah pada Kantor KUA Kecamatan di Masa PPKM Darurat.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, Barzan mengakatan, dari data yang telah dihimpun sementara, sebanyak 64 calon pengantin harus menunda pernikahan.

Data tersebut dikumpulkan dari 6 KUA di Kabupaten Probolinggo, yakni KUA Leces, KUA Lumbang, KUA Wonomerto, KUA Kraksaan, KUA Pajarakan dan KUA Sumberasih.

"Saat ini ada 6 KUA yang sudah mengirimkan data catin yang menunda pernikahan. Proses pengiriman data masih terus berlangsung," kata Barzan kepada SURYA, Selasa (20/7/).

Barzan mengungkapkan, para catin menunda pernikahan disebabkan ketentuan wajib swab test antigen.

Baca juga: PPKM Diperpanjang 5 Hari, Penumpang KRL dan Transjakarta Wajib Tunjukan STRP & Pakai Masker Berlapis

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang, IDI: Angka Kematian Karena Covid-19 Masih di Dtas 1.000

Baca juga: Daftar Bantuan, Subsidi dan Intensif dari Pemerintah untuk Masyarakat Terdampak PPKM Darurat

Halaman
123
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved