Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Hingga PPKM Level 4 Pekan Kedua, Volume Kendaraan di 3 Gerbang Tol Arah Jakarta Menurun

Terjadi penurunan volume kendaraan di tiga gerbang tol yang mengarah ke Jakarta pada masa PPKM Darurat hingga pekan pertama PPKM Level 4

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Annas Furqon Hakim
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat memaparkan evaluasi pembatasan mobilitas selama PPKM Level 4, Selasa (3/8/202 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, terjadi penurunan volume kendaraan di tiga gerbang tol yang mengarah ke Jakarta pada masa PPKM Darurat hingga pekan pertama PPKM Level 4.

Ketiganya adalah Gerbang Tol Halim, Gerbang Tol Cililitan, dan Gerbang Tol Cawang.

"Kita bisa melihat dibandingkan dengan PPKM Mikro, PPKM Darurat bahkan PPKM Level 4 minggu pertama masih terjadi penurunan yang cukup signifikan," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (3/8/2021).

Namun, terjadi peningkatan volume kendaraan di tiga gerbang tol itu pada penerapan PPKM Level 4 pekan kedua.

Bahkan, Sambodo mengungkapkan, volume kendaraan pada pekan kedua PPKM Level 4 hampir sama seperti sebelum PPKM Mikro.

Baca juga: Penyekatan PPKM Level 4 di Jalan Ciledug Raya Dibuka, Pengendara Leluasa Melintas

"Masuk ke PPKM Level 4 di minggu kedua bahkan beberapa hari kemarin angkanya sudah mulai naik, dan hampir mendekati sebelum masa PPKM mikro," ujar dia.

"Yang harus diantisipasi bahwa ada peningkatan di 3 hari terakhir. Ini yang menjadi keprihatinan kita karena bagaimana hubungan antara grafik ini dengan angka Covid-19," tambahnya.

Menurut Sambodo, menurunnya volume kendaraan di tiga gerbang tol tersebut dapat menjadi tolok ukur efektivitas pembatasan mobilitas di Jakarta.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Anies Singgung Kasus Covid-19 di DKI: Itu Turun dari Puncaknya

"Volume kendaraan yang melintasi 3 gerbang tol utama yang masuk Jakarta itu bisa menjadi salah satu penanda bagaimana tingkat mobilitas di Jakarta," tutur Sambodo.

Ia pun berharap masyarakat di Jakarta dapat terus mengurangi mobilitasnya sehingga berdampak pada menurunnya kasus positif Covid-19.

Baca juga: PPKM Level 4 di DKI Diperpanjang, Pedagang Bendera Merah Putih di Jatinegara Cemas Omzet Turun

"Angka ini membuktikan bahwa ketika mobilitas meningkat, maka angka Covid-19 seminggu kemudian pasti meningkat. Ketika terjadi penurunan (mobilitas), maka seminggu kemudian angka (Covid-19) ini akan turun," kata Sambodo.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved