Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Ganjil Genap Berlaku, Pengunjung TMII Turun

Ganjil genap di Jalan Taman Mini 1 akses masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur berdampak pada turunnya

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Bima Putra
Pemberlakuan gage di Jalan Taman Mini 1 akses masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Pemberlakuan ganjil genap (Gage) di Jalan Taman Mini 1 akses masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur berdampak pada turunnya jumlah pengunjung.

Kabag Humas Badan Pelaksana Pengelola TMII, Adi Widodo mengatakan pihaknya mencatat penurunan jumlah pengunjung pada akhir pekan setelah gage berlaku pada Jumat (17/9/2021) lalu.

"Ada kecenderungan penurunan sedikit ya. Jadi misalnya di hari Sabtu kemarin (18/9/2021) kita sampai kita 3.300 sekian, di hari Sabtu lalu (11/9/2021) itu 3.600 (pengunjung)," kata Adi di TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (19/9/2021).

Meski dalam gage personel Satlantas Jakarta Timur yang berjaga di Jalan Taman Mini 1 akses masuk TMII tidak memberlakukan sanksi tilang, menurutnya kebijakan tetap berpengaruh.

Baca juga: Wagub DKI Berharap Kebijakan Ganjil Genap Bisa Antisipasi Kerumuman di Tempat Wisata

Alasannya masyarakat pengguna kendaraan roda empat yang pelat nomor terakhir kendaraannya tidak sesuai tanggal menjadi enggan untuk berwisata di TMII karena bakal diputar petugas.

"Mungkin karena adanya ganjil genap ini ada pengaruhnya juga. Menurut saya memengaruhi minat kunjungan ya, masyarakat jadi ragu-ragu untuk bepergian," ujarnya.

Pemberlakuan gage di Jalan Taman Mini 1 akses masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/9/2021)
Pemberlakuan gage di Jalan Taman Mini 1 akses masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (17/9/2021) (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Tapi Adi menuturkan penurunan jumlah pengunjung semenjak pemberlakuan gage di akses masuk TMII tidak signifikan, jumlah pengunjung masih terbilang normal meski belum semua wahana dibuka.

Pada Jumat (17/9/2021) TMII mencatat sebanyak 676 pengunjung, pada Sabtu (18/9/2021) sebanyak 3.362 pengunjung, dan pada Minggu (19/9/2021) hingga pukul 12.00 WIB tercatat 4.329.

Baca juga: Tempat Wisata di DKI Terapkan Kebijakan Ganjil Genap, Wagub Ariza: Agar Tidak Macet dan Berkerumun

"Berdasarkan informasi petugas lapangan jumlah (pengunjung pengguna kendaraan roda empat) yang diputar balik tidak banyak, sehingga belum perlu menyediakan kantong parkir khusus," tuturnya.

Adi mengatakan pengunjung pengguna kendaraan roda empat bisa memarkirkan kendaraannya di Green Terace lalu berjalan kaki hingga gerbang utama TMII yang berjarak sekitar 500 meter.

Gage di akses masuk utama TMII diberlakukan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu selama pukul 12.00-18.00 WIB guna mengurangi mobilitas pengunjung pada akhir pekan.

Baca juga: Mayoritas Masyarakat Sudah Tahu Soal Ganjil Genap di TMII

"Untuk kapasitas pengunjung TMII 25% (dari kapasitas normal), 15.000 orang. Waktu operasional mulai pukul 06.00 - 18.00 WIB," lanjut Adi.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved