Sebanyak 1.073 Pelajar SMP Kota Tangerang PTM Tahap Tiga Diswab, Ini Hasilnya

Sebab, pencarian kasus Covid-19 masih akan berlangsung sampai PTM terbatas di Kota Tangerang dibuka 100 persen.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Istimewa
Dinas Kesehatan Kota Tangerang melakukan tes swab terhadap 1.073 pelajar di SMP di Kota Tangerang mulai 11-15 Oktober 2021 di sekolah-sekolah yang akan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Dinas Kesehatan Kota Tangerang tancap gas melakukan tes swab di sejumlah sekolah yang hendak melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada masa PPKM Level 3 pandemi Covid-19.

Tes swab dilakukan bersamaan PTM di Kota Tangerang memasuki tahap ketiga.

Berdasarkan data pada 11 hingga 15 Oktober, Dinkes Kota Tangerang berhasil mengumpulkan 1.073 sampel antigen pelajar, khususnya di 26 sekolah yang akan melaksanakan PTM pekan depan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan, tidak ditemukan kasus positif baru pada lingkungan PTM terbatas di Kota Tangerang.

"Screening PTM memang sudah dilakukan Dinkes sejak tiga minggu terakhir ini. Minggu pertama, sempat ada yang positif, tahap dua hanya beberapa, di tahap tiga ini semua hasilnya negatif. Tidak ada yang positif," aku Dini saat dihubungi, Minggu (17/10/2021).

Baca juga: Mulai Besok, 5.305 Siswa SD di Tangerang Divaksin Jenis Ini, Berikut Jadwal & Lokasinya

Sebab, pencarian kasus Covid-19 masih akan berlangsung sampai PTM terbatas di Kota Tangerang dibuka 100 persen.

Nantinya, lanjut Dini, semua sekolah akan terjaring testing masif.

"Dinkes masih terus melakukan swab acak di sekolah, sebagai dukungan pelaksanaan PTM terbatas di era pandemi Covid-19," ucap Dini.

"Namun dengan tahapan waktu yang tidak terlalu masif," sambungnya.

Baca juga: Kasus Melandai, Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di RS Rujukan Jakarta di Angka 7 Persen

Ia pun mengimbau, kepada seluruh warga sekolah untuk tetap mengantisipasi penularan Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Hal senada juga dikatakan Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah yang melakukan tracing di 26 sekolah periode 11 sampai 15 Oktober.

"Pemeriksaan dilakukan dengan jumlah sebanyak 1.073 sampel. Hasilnya tidak ditemui adanya kasus terkonfirmasi positif Covid-19," ucap Arief.

Baca juga: 1,9 Juta Warga Belum Divaksin Covid-19, Wagub DKI: Tak Ada Alasan Lagi, Sudah Banyak Pilihan Vaksin

Ia juga mengimbau agar seluruh pihak baik murid, guru maupun orang tua siswa tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan sampai lalai, semua pihak harus tetap disiplin agar PTM bisa terus dilakukan," pesannya.

Lebih lanjut, Arief menerangkan upaya lain yang dilakukan oleh Pemkot dalam menekan kasus Covid-19 di Kota Tangerang adalah melalui gerakan vaksinasi yang secara rutin dilakukan di setiap wilayah.

"Dosis satu sudah mencapai angka 1.282.032 sedangkan dosis dua 860.392 dosis," pungkas dia.

Keterangan foto
Istimewa.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukan testing dari 11 hingga 15 Oktober kepada 1.073 sampel di sekolah-sekolah yang akan melaksanakan  Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved