Breaking News:

Peran Depeko Tak Berguna Gara-gara Omnibus Law, Wali Kota Bekasi: Itu yang Buat Presiden

Buruh di Kota Bekasi menilai, peran Dewan Pengupahan Kota (Depeko) tidak lagi berguna imbas penerapan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Septiana
Yusuf Bachtiar/ Tribun Jakarta
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan - Buruh di Kota Bekasi menilai, peran Dewan Pengupahan Kota (Depeko) tidak lagi berguna imbas penerapan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Buruh di Kota Bekasi menilai, peran Dewan Pengupahan Kota (Depeko) tidak lagi berguna imbas penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

Peraturan yang merupakan turunan dari Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau Omnibus Law ini, memiliki rumusan terkait nilai kenaikan upah.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan,  pihaknya tidak dapat bertindak lebih jauh jika kebijakan pemerintah pusat mengkebiri elemen atau wadah bentukan pemerintah daerah seperti Depeko.

"Ya kan dewan pengupahan tidak dianggap tidak berguna karena ada PP. Sedangkan PP itu yang buat pak Presiden," kata Rahmat, Selasa (23/11/2021) di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi.

Depeko Bekasi lanjut dia, sejak awal dibentuk bertujuan sebagai wadah bagi unsur pekerja, pemerintah dan pengusaha untuk sama-sama menjaga hubungan baik perihal pembahasan kenaikan upah.

Baca juga: Geruduk Balai Kota DKI, Buruh Mengaku Tak Rasakan Program Anies dan Tetap Menuntut Kenaikan Upah

Keberadaan Depeko sudah ada lebih dulu sebelum undang-undang cipta kerja dan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

"Artinya Presiden pun sudah melihat secara politik sosial ekonomi. Sudah dilihat dan dipertimbangkan. Sedangkan kita di daerah memfasilitasi bagimana hubungan yang baik antara serikat pekerja dengan pengusaha," jelas dia.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga, Jl A Yani, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (8/11/2021). 
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Stadion Patriot Candrabhaga, Jl A Yani, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (8/11/2021).  (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Sejauh ini, keberadaan Depeko tetap akan digunakan sebagai wadah bersama antara pekerja, pemerintah dan pengusaha memberikan usulan ke Wali Kota tentang kenaikan upah.

Ya kalo ketentuan tadi (fungsi Depeko) dianggap tidak ada ya sepanjang fungsinya belum di cabut ya akan kita lakukan," tegas dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved