Munarman Ditangkap Densus 88

Permohonan Dikabulkan Hakim, Sidang Terorisme Munarman Bakal Digelar Secara Offline di PN Jaktim

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur mengabulkan permohonan eks Sekretaris Umum FPI, Munarman untuk menggelar sidang secara offline.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Tampak bagian beranda Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang perkara dugaan tindak pidana terorisme eks Sekretaris Umum FPI, Munarman, Rabu (8/12/2021). Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur mengabulkan permohonan eks Sekretaris Umum FPI, Munarman untuk menggelar sidang secara offline. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur mengabulkan permohonan eks Sekretaris Umum FPI, Munarman untuk menggelar sidang perkara dugaan tindak pidana terorisme secara offline.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menyatakan setuju untuk menghadirkan Munarman karena sejumlah pertimbangan, di antaranya karena sidang offline tidak dipengaruhi sinyal.

Beda dengan sidang online yang dapat terkendala karena dipengaruhi masalah jaringan dan teknis lainnya yang memengaruhi terdakwa mengikuti jalannya sidang.

"Maka permohonan sidang offline terdakwa dapat dikabulkan," kata Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (8/12/2021).

Majelis Hakim menyatakan Munarman dapat dihadirkan secara langsung di ruang sidang selama mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Baca juga: Munarman Bakal Buat Eksepsi Sendiri Tanggapi Dakwaan JPU di Kasus Terorisme

Dengan penetapan tersebut artinya pada sidang lanjutan pekan depan Munarman tidak dihadirkan secara virtual, melainkan dihadirkan langsung di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Mengabulkan permohonan, memerintahkan JPU (Jaksa Penuntut Umum) menghadirkan terdakwa pada sidang selanjutnya secara offline," ujarnya.

Anggota tim penasihat hukum Munarman, Aziz Yanuar saat memberi keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (8/12/2021).
Anggota tim penasihat hukum Munarman, Aziz Yanuar saat memberi keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (8/12/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Menanggapi penetapan tersebut JPU menyatakan sepakat, mereka hanya meminta sidang hari ini tetap digelar karena sudah menyiapkan pembacaan dakwaan untuk Munarman.

Munarman yang hari ini masih dihadirkan secara virtual dari Rutan Polda Metro Jaya tempatnya ditahan pun menyatakan tidak keberatan JPU hari ini tetap membacakan dakwaan untuknya.

Meski digelar offline, awak media tetap tidak diperkenankan masuk ke ruang sidang atau mempublikasikan identitas Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Baca juga: Meski Diprotes, Hari Ini Munarman Kembali Jalani Sidang Dakwaan Terorisme secara Online

Hanya diperkenankan mengikuti jalannya sidang melalui dua pengeras suara yang disediakan di bagian beranda Pengadilan Negeri Jakarta Timur guna menjaga identitas Majelis Hakim.

Munarman Bakal Buat Eksepsi Sendiri

Eks Sekretaris Umum FPI, Munarman memastikan bakal mengajukan eksepsi atau keberatan dalam kasus dugaan tindak pidana terorisme menjeratnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved