Antisipas Virus Corona di DKI

Sebanyak 38.928 Anak Usia 6-11 Tahun di Jakarta Sudah Disuntik Vaksin dalam Dua hari

tujuan vaksinasi ini yakni untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia enam-11 tahun di SDN Susukan 08, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (14/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Sebanyak 38.928 anak usia 6-11 tahun di Jakarta sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dalam waktu dua hari.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta melakukan kick off atau meluncurkan program vaksinasi Covid-19 anak 6-11 tahun pada Selasa, 14 Desember 2021, setelah pemerintah pusat memberikan lampu hijau vaksinasi tersebut. 

Pemprov DKI Jakarta menargetkan 1,1 juta anak mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Sejak kick off vaksin anak hingga 15 Desember 2021, jumlah anak usia 6-11 tahun yang sudah divaksinasi Covid-19 di Jakarta mencapai 38.928 anak," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Anak 6-11 Tahun di DKI Mulai Disuntik Vaksin Covid-19, Simak Syarat dan Ketentuannya!

Adapun dari jumlah total anak usia 6-11 tahun yang terdaftar di dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik), yakni sebanyak 1,1 juta anak bisa divaksinasi di tiga tempat, yakni sekolah, puskesmas dan rumah sakit, serta sentra vaksinasi di komunitas.

"Sebelum anak disuntik vaksin COVID-19, dilakukan dulu proses skrining kesehatan dan vaksin yang digunakan adalah vaksin Bio Farma dan/atau Coronavac yang telah memiliki Emergency Use Authorization (EUA)," ucapnya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Jaksel Hanya 100 Orang Per Hari, Wali Kota Beri Alasannya

Baca juga: Pancing Minat Vaksinasi, Murid SD di Tambora Diberi Hadiah Sepeda dan Dihibur Badut

Sementara itu, tujuan vaksinasi ini yakni untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisir penularan di sekolah/satuan pendidikan, dan mempercepat tercapainya herd immunity atau sistem kekebalan tubuh populasi.

“Kami harapkan para orang tua/wali murid bagi anak-anak usia 6-11 tahun mendukung anak-anaknya untuk ikut vaksinasi Cocid-19. Datanglah ke lokasi vaksinasi dengan membawa Kartu Keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak,” pungkasnya.

Syarat vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di Jakarta

Tidak seluruh anak usia 6-11 tahun dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 di Jakarta.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta telah memberikan penjelasan mengenai syarat dan ketentuan anak yang bisa vaksinasi Covid-19 di fasilitas kesehatan (faskes) DKI Jakarta. Di antaranya syarat tempat tinggal atau bersekolah.

Baca juga: Varian Omricon Mengancam Dunia, Warga Asal 11 Negara Ini Dilarang Masuk Indonesia

"Sehubungan dikeluarkannya surat Kemenkes mengenai baru 115 kabupaten/kota di Indonesia yang boleh melaksanakan vaksinasi anak, maka Dinkes DKI mengeluarkan surat penjelasan. Bahwa anak yang dapat disuntikkan di faskes DKI Jakarta adalah yang memiliki NIK/domisili/bersekolah di DKI Jakarta,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/12/2021).

Berikut ini persyaratan untuk sasaran vaksinas Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di DKI Jakarta saat ini adalah:

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved