Pembangunan JIS Capai 96,97 Persen, Atap Buka Tutup Mulai Dipasang

Atap buka tutup atau retractable roof Jakarta International Stadium (JIS) mulai dipasang.

Youtube WPS Channel
Tangkap layar - Penampakan Jakarta International Stadium (JIS) dari udara pada Minggu (27/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Atap buka tutup atau retractable roof Jakarta International Stadium (JIS) mulai dipasang.

Hingga minggu ke-128 atau 18 Februari 2022 realisasi pembangunan JIS telah mencapai 96,97% dari rencana 95,67%. Artinya terdapat deviasi positif sebesar 1,30%.

"Kini, JIS sedang mengerjakan pemasangan atap buka-tutup atau retractable roof, membran ETFE, sky view deck, perapihan precast tribun, serta pemasangan kursi regular," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) , Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/2/2022).

Dengan pemasangan atap ini memungkinkan stadion dapat digunakan pada saat hujan maupun panas terik pada siang hari.

Sehingga pertandingan, konser, konferensi, maupun kegiatan lainya dapat terus berlangsung.

Baca juga: Pamer Kedekatan Main Bola di JIS, Anies-RK Dinilai Sulit Duet di Pilpres 2024, Ini Alasannya

"Selain itu, juga tengah dikerjakan penyelesaian area concourse, penyelesaian jahitan pada segmen facade, hardscape, dan landscape di sebelah barat dan ramp timur, serta pekerjaan GWT (Ground Water Tank) dan MEP plant," lanjutnya.

Sebagai informasi, JIS sudah ditunjuk menjadi venue pada acara bincang Urban 20 dengan tema 'Isu Perkotaan pada Presidensi G20 Indonesia'.

Acara ini diketahui merupakan bagian dari rangkaian ditunjuknya Kota Jakarta sebagai tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin kota dunia dalam acara Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022, atau menjadi bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga: JIS Siap untuk Barcelona, Real Madrid dan Atletico, Jakpro: Batalnya IYC Bisa Ditanya Ke PFS

Mengawali kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah U20 Mayor Summit 2022 kemarin menghadiri Bincang U20 di JIS bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku U20 Co-Chair, CEO Sintesa Group Shinta Wijaya Kamdani selaku B20 Chair, Ketua Masyarakat Energi Terbarukan (METI) Surya Dharma, dan dimoderatori oleh Founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patty Djalal.

Adapun isu yang dibahas yakni isu perekonomian, transformasi digital, hingga energi terbarukan di tengah pandemi Covid-19.

"Ditunjuknya JIS sebagai venue pertemuan bergensi ini, sekaligus mengukuhkan bahwa JIS merupakan salah satu ikon baru Kota Jakarta. Selain itu, bangunan JIS sangat relevan dengan isu yang dibawa oleh U20. Sebab, JIS dirancang sebagai salah satu bangunan mega struktur yang mengadopsi bangunan ramah lingkungan."

"Atas visi dan komitmen itu pula, JIS menjadi satu-satunya stadion di Indonesia yang memperoleh sertifikat green building level platinum atau level tertinggi dalam penilaian bangunan hijau yang ramah lingkungan," tandas Nadia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved